Komunitas PNS 2005 Eratkan Silatrahmi

CIMAHI – Ada banyak konotasi kala disebut istilah pegawai negeri sipil atau biasa disapa PNS. Arahnya bisa positif atau bahkan mungkin sebaliknya.Tapi dengan yang satu ini wajib diberi applause meriah. Bisa jadi ini adalah satu dari sekian komunitas PNS yang patut diacungi jempol.

B__PNS
PNS Pemkot Cimahi tahun 2005

Ini bukanlah komunitas alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) atau yang sealmamater perguruan tinggi kedinasan. Karena biasanya, mereka sudah pasti memiliki ikatan emosional dan kekeluargaan yang sangat dekat melalui pendidikan bertahun-tahun. Ini hanyalah komunitas angkatan rekrutmen PNS tahun 2005. Terdiri dari berbagai golongan, disiplin ilmu dan usia. Kesamaan mereka hanya dua, yaitu mengikuti prajabatan selama dua minggu dan lulus seleksi jadi CPNS tahun 2005. Meski hanya kesamaan itu, tapi lebih dari 100 orang PNS ini punya ikatan emosional erat. Acara silaturahmi rutin dan sharing grup melalui media sosial aktifnya bukan main.

Buktinya adalah event halal bi halal dan siltaruhmi, memasuki libur long weekend ini. Mereka, para PNS yang bertugas di Pemkot Cimahi berkumpul bersama di Taman Edutaimen Sport Pandiga Kota Cimahi.

”Kami semua lulus seleksi umum. Bukan honorer dan bukan IPDN. Tahun 2005 disebut-sebut sebagai rekrutmen terbaik PNS sepanjang sejarah, dan Kota Cimahi dinyatakan yang terbaik itu,” kenang Indra Bagjana, salah satu yang dituakan dalam PNS angkatan 2005 tersebut, saat ditemui Bandung Ekspres di sela acara halal bi halal PNS Pemkot Cimahi tahun 2005 akhir pekan kemarin.

Jangan kira, dahulu tahun 2005, pria berbadan tambun ini hanyalah seorang PNS dari golongan 2. Namun, kini dia tengah bertugas di badan kepegawaian daerah (BKD) Bagian Diklat dan tengah menempuh program doktor program administrasi publik.

”Rekan seangkatan kami berbeda-beda. Ada yang sudah jadi lurah, Kasubag dan lainnya. Mereka yang di eselon 4A ada 24 orang. Padahal dulunya dari golongan tiga dan dua,” imbuhnya.

Pada tahun 2005 yang lalu, kenangnya, ada 133 orang CPNS yang dinyatakan lulus tes. Namun yang berhasil mengikuti diklat pra jabatan ada sekitar 121 orang. Sisanya ada yang meninggal, gagal pendidikan dan ada juga yang mengundurkan diri.

Tinggalkan Balasan