Evakuasi Jasad Terkendala Cuaca

JAKARTA – Upaya penanganan insiden kecelakaan Pesawat Trigana PK-YRN di Kabupaten Pegunungan Bintang terus berlanjut. Memang, tim penyelamat yang sudah berhasil menemukan 54 jenazah sesuai dengan jumlah penumpang pesawat. Namun, proses evakuasi jasad masih belum bisa terlaksana kemarin karena kendala cuaca.

Deputi Bidang Operasional Badan SAR Nasional (Basarnas) Heronimus Guru mengatakan, tim yang berada di lapangan telah berhasil menemukan semua jenazah pada 12.30 WIT. Dalam penemuan tersebut, identifikasi secara cepat belum bisa dilakukan karena kondisi mayat yang cukup parah.

’’Upaya ini berhasil dilakukan oleh tim gabungan Basarnas WNI, dan Polri, sebanyak 79 orang. Itu terdiri dari 50 orang relawan masyarakat, 20 personel TNI, dan 9 personel Basarnas,’’ terang dia di Jakarta kemarin (18/7).

Sayangnya, proses evakuasi dari jasad-jasad yang ada masih belum bisa dilakukan. Hal tersebut karena rencana evakuasi menggunakan helikopter kemarin rupanya terkendala cuaca. Dengan cuaca mendung yang menyebabkan kabut membuat helikopter tak bisa mencapai tujuan.

Hingga 17.30 WIT, situasi sama sekali tak berubah. Karena itu, tim di lapangan memutuskan untuk memberhentikan operasi kemarin dan melanjutkan hari ini (18/8). Dalam rencana tersebut, pihaknya menambahkan pilihan untuk melakukan evakuasi lewat darat. Hal tersebut jika cuaca kembali tak mendukung.

’’Kalau memungkinkan, kami akan menggunakan Helikopter Bell milik Freeport. Piihan lain, kami akan melakukan evakuasi darat ke Oksibil setelah itu semua akan diantarkan ke Bandara Sentani,’’ imbuhnya.

Menurut informasi, lokasi jatuhnya pesawat sebenarnya tak jauh dari Bandara Oksibil. Hanya 14 kilometer (km). Namun, sekitar empat km dari jalur tak bisa dilalui oleh kendaraan. Namun, jalur sepanjang empat km tersebut butuh 5-6 jam dengan cara berjalan kaki.

Sementara itu, tim Disaster Victim Identification Polri hingga saat ini belum juga mengidentifikasi seorang penumpang pun. Posisi Tim DVI Polda Papua hingga Selasa pagi belum juga sampai ke titik lokasi pesawat jatuh.

Pusdokkes Polri Brigjen Arthur Tampi menuturkan, kontak terakhir dengan tim DVI di lapangan itu pagi tadi sekitar pukul 09.00 dan tim DVI ada dipastikan sampai Oksibil. Namun, belum sampai lokasi jatuhnya pesawat karena cuaca dan kondisi alam yang ekstrim. Artinya, hingga Selasa pagi belum ada penumpang yang bisa diidentifikasi. ’’Tapi, tidak diketahui bagaimana perkembangan sore ini, sudah mengidentifikasi atau belum. Kami tidak bisa komunikasi karena memang tidak ada jaringan sinyal,’’ paparnya.

Tinggalkan Balasan