Gotong Royong Wujudkan Cita-cita Mulia

[tie_list type=”minus”]Menatap Hari Esok yang Lebih Baik[/tie_list]

Bupati Bandung Barat Abubakar dan Wakil Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra meminta kepada seluruh pemangku kepentingan dan lapisan masyarakat dalam memaknai peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 tahun diisi dengan semangat kerja gotong royong. Melalui gotong royong dapat mewujudkan cita-cita yang mulia. ’’Saya mengajak, mari kita bersama-sama membangkitkan kembali gotong royong di tengah masyarakat untuk mengisi kemerdekaan ini,” kata Abubakar di kantor Pemkab Bandung Barat kemarin (17/8).

Abubakar menyatakan, dengan semangat kerja, diharapkan semua program bisa terwujud dengan maksimal. ’’Karena dengan bekerja, seluruh program, harapan dan target pemerintah bisa terwujud. Sebagaimana program pemerintahan Presiden Joko Widodo yang telah mencanangkan gerakan nasional ’’Ayo Kerja’’,’’ ucapnya.

Gerakan ’’Ayo Kerja’’ mulai dilaksanakan pada 10 Maret 2015 lalu di Tugu Nol Kilometer Kota Sabang, Aceh, diangkat menjadi tema lokal peringatan HUT RI ke-70 tingkat KBB. ’’Dengan semangat proklamasi 17 Agustus 1945, kita dukung gerakan nasional ’’Ayo Kerja’’ menuju hari esok yang harus lebih baik dari hari ini,’’ paparnya.

Menurut Abubakar, kemerdekaan saat ini, bukan seperti zaman dulu yang melawan para penjajah. Namun, kemerdekaan yang dihadapi saat ini, bagaimana untuk terus melawan kebodohan dan kemiskinan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera. ’’Makna dari kemerdekaan yaitu memiliki hati yang bersih seperti para pejuang terdahulu untuk membela bangsa ini melawan para penjajah. Kita saat ini tinggal meneruskan para pejuang untuk melawan kebodohan dan kemiskinan,’’ ucapnya.

Di hari kemerdekaan ini, lanjut Abubakar, sudah saatnya memaksimalkan tekad, semangat, pikiran serta perhatian untuk mengatasi tantangan yang saat ini dihadapi bangsa ini. Sejalan dengan visi Kabupaten Bandung Barat cerdas, rasional, maju, agamis, dan sehat (CERMAT). ’’Kita berkomitmen untuk membawa Bandung Barat menjadi lebih baik sesuai dengan visi Cermat,’’ tegasnya.

Abubakar menjelaskan, wujud kekompakan dan gotong royong dari masyarakat, pada perayaan kemerdekaan yang ke-70 ini lebih meriah dibandingkan tahun lalu. Ini terlihat dari karnaval masyarakat dengan berbagai macam fesyen yang ditampilkan. ’’Ramainya perayaan kemerdekaan ini, salah satu wujud dari proses hari jadi Bandung Barat beberapa waktu lalu. Saya juga menitipkan pesan kepada panitia, dalam rangkaian kemerdekaan tolong dilibatkan peran serta masyarakat,’’ serunya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan