Lokasi Wisata Tarik Investor

[tie_list type=”minus”]693 Hotel dan Restoran Kantongi Izin[/tie_list]

SOREANG – Perkembangan hotel dan restoran di Kabupaten Bandung dinilai cukup baik. Pasalnya, hal tersebut ditunjang dengan banyaknya kawasan wisata yang potensial, sehingga banyak pengusaha atau investor yang mau mengembangkan bisnisnya di bidang itu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bandung Donal Rustandi, saat menggelar halal bihalal anggota dan pengurus PHRI bersama Bupati Bandung di Hotel Sutan Raja, Soreang, Rabu (29/7).

Donal memprediksi, perkembangannya ke depan akan semakin meningkat seiring dengan akan dibangunnya jalan tol. Dia berharap, pengembangan sektor wisata akan lebih luas lagi. ’’Ke depannya pasti lebih maju lagi. Terutama jika pemerintah provinsi mau memberi kelonggaran terhadap para investor untuk mengubah lahan hijau menjadi lahan kuning, merah atau biru,’’ ujarnya.

Donal tidak menampik bahwa adanya aturan dari pemerintah terkait warna lahan tersebut, menjadi salah satu kendala yang cukup sulit dalam mengembangkan atau menambah lagi jumlah hotel dan restoran di Kabupaten Bandung. ’’Padahal, menurut saya seharusnya ada kelonggaran terkait hal itu kalau untuk pengembangan usaha dan potensi wisata, agar bisa lebih maju lagi,’’ jelasnya.

Dari sekitar 693 hotel dan restoran yang terdaftar dalam keanggotaan PHRI, menurut Donal seluruhnya telah memiliki izin. ’’Kalau izin, semua sudah lengkap. Hanya tinggal perizinan tanda daftar usaha saja, itu kan baru digulirkan sehingga baru hanya sedikit anggota kami yang memilikinya,’’ terang dia.

Begitupun dengan pajak. Di tahun ini menurut dia, para pengusaha juga sudah lebih taat pajak di banding tahun-tahun sebelumnya. Namun, dia tidak menyebutkan persentase kenaikannya.

Senada dengan Donal, Bupati Bandung Dadang M Naser pun menegaskan bahwa perkembangan hotel dan restoran memang kian meningkat. Dia menuturkan, dalam waktu dekat akan ada satu hotel bertaraf internasional yang segera dilaunching. ’’Hal tersebut menunjukkan bahwa usaha hotel dan restoran di Kabupaten Bandung memang sangat diminati oleh para investor. Karena kita juga memiliki potensi alam yang bagus sebagai objek wisata. Itu merupakan daya tarik tersendiri,’’ tegasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan