Menag Soroti Fungsi Silaturahmi

COBLONG – Setiap manusia pasti tidak bisa hidup seorang diri. Sebab, manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Oleh karena itu, penting bagi setiap manusia untuk menjalin silaturahmi yang baik dengan orang lain. Hal itu dikatakan Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin di Aula Barat ITB Bandung (27/7).

MENAG
FAJRI ACHMAD NF. / BANDUNG EKSPRES

BERSALAMAN: Dari kiri, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Rektor ITB Kadarsah Suryadi dalam acara halal bi halal di Aula Barat ITB (27/7).

Dia menyatakan, silaturahmi bukanlah murni adat istiadat, namun merupakan bagian dari syariat. Amat bervariasi cara agama Islam dalam memotivasi umatnya untuk memperhatikan silaturahmi. Salah satunya melalui halal bi halal.

”Mudah-mudahan Allah mengampuni karena sesuai janji-Nya, Allah akan mengampuni semua hamba yang memohon ampun kepada-Nya. Lalu bagaimana kesalahan kita terhadap sesama? dD sinilah halal bi halal menjadi forum untuk melebur kesalahan antar sesama kita,” terang Lukman di hadapan dosen dan mahasiswa ITB.

Menag mengingatkan, tujuan kehadiran Islam adalah menjadi rahmat bagi alam semesta. Sebab, hubungan horizontal, hubungan sesama manusia juga mendasar dalam ajaran Islam. Dalam Alquran dijelaskan, keimanan bukan hanya soal hubungan vertikal.‘’’Dalam hal bersilaturahmi misalnya kita bisa mencontoh semut dan lebah. Semut binatang kecil pemakan gula tapi tidak pernah sakit gula (diabetes). Resepnya, pertama karena semut senang bersilaturahmi karena setiap berpapasan antara sesama semut sejenis mereka saling “bersalaman” yang terlihat dari kedua kepalanya saling ketemu,” ujar dia.

Kedua kata dia, bila seekor semut menemukan rezeki, mereka tidak mau makan sendiri. Tapi memberi tahu semut-semut lainnya. Setelah berkumpul, baru makanan itu mereka bawa ke satu tempat dan dinikmati bersama. Menurutnya, dari firman Allah, hadits Rasul SAW dan beberapa contoh dalam kehidupan ini, jelas bahwa silaturahmi sangat bermanfaat bagi manusia.

Sementara itu, Vice Rector For General Administration, Alumni, and Communication, Dr Miming Miharja ST MScEng menjelaskan, acara silaturahmi ini untuk mempererat tali silaturahmi. ”Harapannya dengan silaturahmi ini, kami tetap harmonis, kompak, dan tambah menyatu dalam bekerja,” tandasnya. (kha/tam)

Tinggalkan Balasan