Segera Tempati Kios Darurat

GEDEBAGE – PD Pasar dan PT Ginanjar selaku pihak pengelola Pasar Gedebage Bandung masih mempersiapkan kios darurat yang akan ditempati oleh para pedagang. Dirut PD Pasar Bermartabat Rinal Siswadi menjelaskan, berdasarkan pertemuan antara para pedagang dengan PT Ginanjar yang digelar di Pasar Ikan Higienis Gedebage pada Kamis (23/7) lalu, beberapa poin telah disepakati.

Pertama, pemindahan para pedagang ke kios darurat yakni di los ikan harus dikuti dengan pemindahan para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sepanjang jalan. Kedua, lokasi kios darurat harus ditata terlebih dahulu, karena sebelumnya merupakan tempat pengeringan bulu ayam. Sebab, dikhawatirkan akan menimbulkan bau tidak sedap. Ketiga, Apabila pemindahan pedagang tidak diikuti dengan pemindahan PKL, maka para pedagang akan berjualan di sekitar lokasi kebakaran dengan membangun lapak dari kayu.

’’Mereka minta supaya pemindahan penempatan mereka di kios darurat harus juga bersama sama dengan PKL yang berjualan di sepanjang jalan. Jadi seluruhnya masuk semua,” jelas dia kepada wartawan kemarin (26/7).

Rinal menjelaskan, saat ini PD Pasar telah berkoordinasi dengan PT Ginanjar sebagai pihak pengelola. Pihaknya bahkan telah meninjau lokasi kios darurat yang tengah disiapkan untuk para pedagang. Rinal juga berdialog langsung dengan pedagang korban kebakaran, pedagang los eceran dan para PKL. ’’Jadi sekaligus memantau meninjau lokasi los ikan untuk ditempatkan untuk pedagang,” terang dia.

Adapun untuk langkah-langkah yang akan ditempuh saat ini kata Rinal, PD Pasar akan segera menyiapkan surat sosialisasi kepada para PKL yang berjualan di sepanjang jalan untuk pindah ke kios darurat. Surat ini meminta para PKL untuk ikut pindah berjualan di kios darurat. Tujuannya supaya bisa bersama-sama berjualan di kios darurat. ’’Diawali kordinasi dengan PT Ginanjar, bahkan tadi malam (Sabtu 25/7) kami meminta bantuan diskar untuk menyemprot los ikan yang akan dijadikan kios darurat,” kata dia.

Rinal mengungkapkan, kios darurat untuk para pedagang siap digunakan paling lambat pada hari ini (27/7). Berdasarkan catatan PD Pasar ada 96 kios yang menjadi korban kebakaran Pasar Gedebage. Semuanya akan direlokasi di kios darurat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan