Volume Kendaraan Naik 6 Persen

[tie_list type=”minus”]Prediksi Bertambah saat Akhir Pekan[/tie_list]

CILEUNYI – Volume kendaraan yang memasuki Gerbang Tol Cileunyi pada malam hari (H +5), mengalami peningkatan. Kenaikan tersebut didominasi oleh kendaraan yang berasal dari arah jalur selatan Nagreg, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung. Ada juga dari arah Nagreg yang menuju arah Jakarta.

Tol Cileunyi
FAJRI ACHMAD NF/ BANDUNG EKSPRES

TANPA MACET: Kondisi lalu lintas gerbang Tol Cileunyi terlihat lengang.

Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan mengatakan, volume kendaraan terjadi pada malam hari pada H +5. Kenaikan volume kendaraan sendiri sekitar 6 persen. Data tersebut diterima dan direkap pihak kepolisian.

’’Sampai tadi malam (H +5), kendaraan roda empat yang masuk Derbang Tol Cileunyi sebanyak 14 ribu kendaraan. Namun, untuk puncak arus balik ini terjadi pada H+3,’’ kata Erwin kepada wartawan di Pos Cileunyi Kamis (23/7).

Menurutnya, peningkatan tersebut akan bertambah sampai akhir pekan nanti. Pasalnya, mulai minggu depan para pelajar mulai masuk sekolah. ’’Senin pekan depan, anak-anak harus masuk sekolah. Oleh karena itu, diprediksi peningkatan volume kendaraan akan kembali terjadi pada hari Sabtu dan Minggu,’’ jelasnya.

Disinggung mengenai rekayasa lajur, lanjut Erwin, pihaknya belum melakukan hal tersebut karena peningkatan volume kendaraan yang terjadi tidak mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas. ’’Kemacetan arus lalu lintas yang terjadi akibat peningkatan volume kendaraan, bisa langsung diurai petugas di lapangan. Kemacetan yang terjadi masih dalam tahapan normal,’’ tuturnya.

Dia menilai, normalnya arus mudik saat ini karena di beberapa titik yang menjadi penyebab kemacetan yakni penyempitan jalur. ’’Lingkar Nagreg bisa digunakan sampai 4 jalur, sedangkan saat keluar lajur lingkar Nagreg terjadi penyempitan menjadi 2 jalur,’’ ucapnya.

Sedangkan untuk lajur Dangdeur, lanjut Erwin, kemacetan arus lalu lintas bisa diurai petugas di lapangan. Karena sebelumnya petugas Satpol PP Kabupaten Bandung telah melakukan penertiban para PKL yang berada di lokasi tersebut.

Erwin menambahkan, jika di gerbang tol mengalami antrian yang mengakibatkan kemacetan, petugas Polres Bandung sudah siaga. ’’Sebanyak 40 polwan dan petugas dari satuan lainnya disiagakan di gerbang tol Cileunyi, guna membantu petugas Bina Marga untuk mengurai antrian di pintul tol,’’ tandasnya.

Tinggalkan Balasan