Jacksen Sebut Jupe Layak Tinggalkan Persib

PELATIH Penang FA Jacksen F. Tiago menyebutkan ada lima nama pemain Indonesia Super Legaue (ISL) yang layak bermain di luar negeri.

 Achmad Jufriyanto
Achmad Jufriyanto

Satu dari lima nama yang di rekomendasikan Jacksen adalah mantan punggawa Persib Bandung, yakni Achmad Jufriyanto. Sedangkan empat nama lainnya seperti Boaz Solossa, Imanuel Wanggai, Manahati Lestusen dan Evan Dimas.

”Ibaratnya dia merekomendasikan, tersanjung sama statemennya terus ya gitulah hehe pokoknya, terima kasihlah sama statemennya,” ujar Jufriyanto saat dihubungi, kemarin (22/7).

Penilaian Jacksen kepada Jupe, sapaan akrabnya, bukan tanpa alasan. Selama Jacksen menahkodai timnas Indonesia Jupe kerap mendapat kepercayaan untuk turun bermain.

Salah satunya saat bermain di partai persahabatan melawan Negeri Kincir Angin, Belanda pada 7 Juni 2013. Pada laga itu Jupe bermain penuh dan diposisikan sebagai gelandang bertahan.

Hijhar ke luar negeri memang dapat menjadi alternatif di tengah vakumnya kompetisi domestik. Memang tak sedikit pemain sepak bola dan bahkan pelatih lokal yang memilih pergi dan membela tim lain di Negeri orang.

Sebut saja, Andik Vermansyah (Selangor FA), Greg Nwokolo (BEC Tero), Dedi Gusmawan (Zeyashwenye FC) dan Pelatih muda Rudi Eka pun tergiur bergabung dengan klub asal Bahrain, Al Nijma.

Namun berbeda dengan Jupe. Kesetiaannya kepada Maung Bandung membuatnya menunda berlaga di luar Negeri. Padahal, pria kelahiran Tangerang, Banten ini pernah mendapatkan tawaran untuk berlaga di mancanegara.

Menurutnya, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan.
”Suatu saat saya mau main ke luar, tapi banyak pertimbangan, lihat sepakbola kita yang masih seperti ini, untuk sementara kan kita menang PTUN, tapi ya lihat dulu ke depannya nanti seperti apa,” tutur Jupe. (mio)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan