oleh

PMI Gunakan Mobil Keliling

[tie_list type=”minus”]Untuk Jemput Bola Guna Penuhi Stok Darah[/tie_list]

BANDUNG WETAN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung gencar jemput bola untuk memenuhi persediaan kantong darah. Pasalnya, jumlah labu semakin menipis. Penyusutan pun dinilai sangat signifikan.

’’Persediaan labu saat ini sekitar 800-an. Padahal, biasanya sampai 5 ribu labu,’’ ujar Wakil Sekretaris PMI Kota Bandung Ace Kusnadi kepada wartawan kemarin (12/7).

Dia menjelaskan, PMI Kota Bandung kekurangan labu darah untuk golongan darah A dan AB. Selain itu, Ace juga menjelaskan persediaan labu jenis darah pekat dan trombosit juga masih kurang.

Kurangnya persediaan labu darah PMI Kota Bandung, lanjut Ace, disebabkan sedikitnya pendonor yang mendonorkan darahnya selama Ramadan. Sedangkan kebutuhan darah untuk Kota Bandung masih tetap.

Untuk itu, Ace mengatakan PMI Kota Bandung menyiasati kekurangan stok labu darah tersebut dengan memberdayakan mobil unit sebagai tempat donor darah mobile. Mobil unit ini akan menjemput bola dan mendatangi berbagai masjid yang sudah menjalin kesepakatan sebelumnya untuk mencari pendonor darah. Mobil unit ini mendatangi masjid-masjid usai pelaksanaan salat tarawih.

Selain mendatangi masjid, mobil unit ini juga mendatangi gereja-gereja di Kota Bandung. Mengingat persediaan labu darah yang menipis, mobil unit tidak hanya menyambangi gereja pada Minggu di mana jemaat yang datang banyak jumlahnya. Mobil unit, lanjut Ace, juga mendatangi gereja di hari-hari biasa.

Ace menjelaskan, total mobil unit yang diberdayakan PMI Kota Bandung untuk menjadi tempat donor darah keliling berjumlah enam unit. Akan tetapi, tidak semua mobil unit diberdayakan dalam satu hari. Dalam satu hari, mobil unit yang diberdayakan untuk donor darah keliling disesuaikan dengan agenda yang ada.

Terkait mobil unit, Ace menjelaskan tiap unitnya menargetkan sekitar 40 pendonor. Akan tetapi, karena kebutuhan untuk persediaan, Ace mengatakan mobil unit tetap beroperasi meski pun pendonor yang datang setengah dari target. ’’Mobil keliling ini bisa membantu persediaan hingga 30 persen,’’ tambah Ace. (fie/tam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga