oleh

MES Kampanyekan Prinsip Syariah

MASYARAKAT Ekonomi Syariah teru berupaya memperkenalkan prinsip-prinsip syariah dalam berbisnis kepada masyarakat melalui berbagai acara yang digelar. Sekretaris Jenderal MES Arif Budiharja mengatakan selama ini masyarakat hanya mengenal konsep syariah dalam istilah perbankan. Tetapi sebenarnya kata Arif, cakupan syariah itu sangat luas. Bahkan hampir seluruh lini bisnis harus berlandaskan syariah.

MES
AHMAD TAOFIK/ BANDUNG EKSPRES

PEDULI SOSIAL: Ketua Umum MES Dr Zaenal Aripin Ir MSi menyerahkan santunan kepada anak-anak yatim dalam acara ’MES Berbagi Ilmu, Berbagi Manfaat dan Berbagi Kebahagiaan’ di Hotel Ibis Style, Jalan Braga, Kota Bandung, belum lama ini.

”Dengan acara-acara yang kita selenggarakan, kita berusaha untuk mengedukasi kepada masyarakat luas bahwa syariah itu meliputi segala hal. Jadi tidak perbankan saja. Misalnya asuransi, hotel, restoran sampai tempat-tempat wisata juga ada yang syariah,” ujar Arif di sela acara ’MES Berbagi Ilmu, Berbagi Manfaat dan Berbagi Kebahagiaan’ di Hotel Ibis Style, Jalan Braga, Kota Bandung, belum lama ini.

Menurut Arif, pentingnya kampanye memperkenalkan prinsip syariah kepada publik agar bisnis atau usaha yang dijalankan masyarakat berlandaskan syariah. Seperti dalam acara ini, MES berupaya untuk memberikan tiga keutamaan. Yakni pertama berbagi ilmu, di mana MES sharing dengan stakeholders terkait informasi dan pengetahuan lembaga-lembaga syariah. Dengan demikian, kata Arif, acara ini menjadi program literasi bagi masyarakat.

Kedua, MES berbagi manfaat yang artinya memberi santunan kepada anak-anak yatim dan dhuafa. Ketiga, MES berbagi kebahagiaan, dimaksudkan seluruh anggota MES bisa bersilaturahmi dan saling mengenal satu sama lain.

”Selain itu, kita sudah melakukan banyak hal. Di antaranya sosialisasi, edukasi, dan adokasi. Diharapkan, prinsip-prinsip syariah ini dapat dijalankan oleh masyarakat kita. Hal ini karena mayoritas penduduk Idonesia memeluk Islam, namun masih asing terhadap bisnis syariah,” papar Arif.

Di tempat yang sama, Ketua Umum MES Dr Zaenal Aripin Ir MSi mengatakan, acara ’Mes Berbagi Ilmu, Bergagi Manfaat dan Berbagi Kebahagiaan’ merupakan acara rutin yang digelar setiap Bulan Ramadan. Menurut dia, semua orang bisa menjadi bagian MES.

”MES ini organisasi yang terdiri dari banyak unsur. Namanya juga masyarakat, berarti menunjukkan banyak orang yang terdiri dari berbagai kalangan. Baik itu pengusaha, pemerintah, dan masyarakat luas tentunya,” ujar Zaenal.

Zaenal mengatakan acara ini didukung oleh Kriez, Bank bjb, Bank bjb syariah, Askrindo syariah, bank DKI Syariah, Jamkrido syariah, BPR LPM, Bumi Leles, Maeta Coffee, IHC Garut, IHC Purwakarta, Panin Bank syariah, Harfa Wisata Internasional, Kisa dan Jamkrida Jabar. (fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga