IPSI Berlakukan Sistem Roadshow

[tie_list type=”minus”]Siasati Atlet Pelatda[/tie_list]

BANDUNG – Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat berencana melakukan roadshow ke beberapa daerah di Jabar. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kejenuhan para atlet yang masuk dalam tim pemusatan latihan daerah (Pelatda) Jawa Barat cabang olahraga pencak silat.
Ketua II Pengda IPSI Jabar Mulyana mengatakan, rencananya Pelatda Pencak Silat dengan sistem roadshow akan dimulai di awal tahun 2016 mendatang. Program tersebut dinilai sangat efektif untuk membentuk mental dan motivasi para atlet semakin meningkat.

Roadshow sendiri akan dilakukan ke kota atau kabupaten yang memiliki potensi kuat di cabor ini. Seperti halnya Bogor, Cianjur, Cirebon, Tasikmalaya, Garut dan beberapa daerah lainnya. ”Rencana itu sudah kita rancang sedemikian rupa. Karena jika Pelatda ini digelar terus-terusan di tempat yang sama, dikhawatirkan membuat para atlet ini kejenuhan. Sehingga kita membuat variasi dengan melakukan Pelatda keliling daerah. Tiga minggu latihan seperti biasa di Bandung, satu minggu di daerah,” kata Mulyana belum lama ini.

Menurutnya, program tersebut juga dilakukan dalam kontek memberikan motivasi kepada daerah supaya para pendekar dari daerah juga memiliki keinginan dan tekad untuk menjadi yang terbaik dan bisa masuk tim pelatda membela Jabar di multi event.

Di samping itu juga, tokoh pencak silat yang ada di Jabar tersebar di beberapa daerah. Sehingga momentum tersebut sekaligus dijadikan sarana untuk meminta doa restu kepada para tokoh. Supaya tim Pencak Silat Jabar bisa meraih prestasi terbaik di PON XIX/2016.

”Para atlet ini datang ke daerah, lalu diperkenalkan. Inilah duta-duta silat Jabar, pahlawan olahraga Jabar yang akan tampil di PON 2016, tentu ada sisi kebanggaan bagi atlet sehingga lebih termotivasi, dan mental mereka terbangun,” ujarnya. (bbs/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan