Dilarang Selfie di Nagrek

Di bagian lain, Deddy mengimbau kepada para pengemudi dan pengendara kendaraan yang akan melintasi Tol Cipali untuk mengedepankan persiapan diri dan juga kondisi kendaraan yang dipakai. ”Taati aturan lalu lintas, aturan berkendaraan, cek kendaraan itu sehat atau tidak, dan badan segar, jang lupa baca Bismillah. Kemudian muatan, kecepatan dan kondisi sopir juga perlu diperhatikan,” papar dia.

Sementara itu, mengenai adanya fasilitas Gerbang Tol Otomatis (GTO) di beberapa tol jalur mudik, seperti Tol Pasteur, Tol Moch Toha, dan beberapa tol lainnya nyatanya belum diketahui Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Kepala Bidang Operasional IW Ginting mengaku, pengadaan fasilitas tersebut merupakan kewenangan sepenuhnya dari Jasa Marga. ”Itu kewenangan sepenuhnya ada di Jasa marga, mengenai operasional dan fasilitator lainnya itu kebijakan mereka,” terang dia.

Sementara itu, para pemudik pengguna jalur darat di seluruh tanah air mulai bisa merasakan keringanan membayar (diskon) tarif tol sebesar 25 – 35 persen mulai pukul 00.00 Selasa tengah malam (7/7). Bukan hanya tol yang dikelola BUMN (Jasamarga), diskon juga diberlakukan di jalur tol yang dioperatori swasta selama enam belas hari hingga Rabu 22 Juli 2015 pukul 24.00 mendatang.

Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan, diskon mulai dari H-10 sampai H+5 tersebut ditujukan agar ada prioritas pengguna jalan menggunakan jalur tol. ”Dengan begitu, diharapkan kemacetan juga bisa dikurangi,” kata Basuki, di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin (7/7).

Pemerintah menarget, dengan kebijakan tersebut, kemacetan nantinya akan bisa dikurangi setidaknya hingga 40 persen dibanding tahun lalu. ”Ini juga hadiah bagi para pemudik di seluruh tanah air,” tandasnya.

Corporate Secretary PT Jasa Marga Mohammad Sofyan menuturkan, ada dua skema yang dilakukan pihaknya. Pertama, potongan 35 persen untuk seluruh ruas jalan tol yang dioperasikan PT Jasa Marga (persero) tbk. Sedangkan kedua, sebesar 25 persen untuk jalan tol dalam kota yang dioperasikan bersama dengan PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP). ”Ini berlaku untuk semua golongan,” ujarnya saat dihubungi kemarin.

Dengan adanya diskon lebaran itu, lanjut dia, maka tarif tol untuk kendaraan jenis sedan, jip, pikap/truk kecil dan bus turun dari Rp 8 ribu jadi Rp 6 ribu. Sedangkan, truk ganda dengan dua sumbu roda, dari Rp 10 ribu jadi Rp 7.500.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan