Bidik Menkeu-Men-BUMN

Proses dwelling time memang melibatkan banyak Kementerian, mulai dari Bea Cukai di bawah Kementerian Keuangan, operator pelabuhan Pelindo II di bawah Kementerian BUMN, otoritas pelabuhan di bawah Kementerian Perhubungan, dan banyak kementerian lain.

Jika merujuk pada kekecewaan presiden pada dwelling time dan pernyataan tengah mencari ekonom hebat, maka target reshuffle mengarah ke sosok menteri keuangan. Namun, Che Wei enggan menjawab saat wartawan menyebut apakah nama Menkeu Bambang Brodjonegoro yang disinggung presiden. ’’Hahaha…I don’t know (saya tidak tahu),’’ katanya.

Namun, pernyataan Tony memberi penekanan yang sama bahwa pos menteri keuangan lah yang bakal menjadi sasaran reshuffle. Bahkan, dalam pertemuan itu, beberapa ekonom sempat melontarkan nama Sri Mulyani Indrawati, mantan menteri keuangan yang kini menjabat managing director Bank Dunia, sebagai sosok yang dinilai layak masuk kabinet. ’’Beliau (Sri Mulyani) memenuhi syarat (bisa membangkitkan optimsme pasar),’’ ucap Tony.

Kebutuhan reshuffle juga diungkapkan Kepala Mandiri Institute Destry Damayanti. Dia mengungkapkan, perekonomian Indonesia menjadi tak menggairahkan lantaran tak adanya persepsi yang baik terhadap kinerja kabinet. ’’Persepsi pasar highly expectation terhadap kabinet ini, apalagi mottonya kerja, kerja, kerja. Jadi yang dilihat, mana realisasinya?,’’ ujar Destry di Istana Kepresidenan, kemarin.

Investor, lanjut dia, dihadapkan pada realita bahwa selama enam bulan pemerintahan penyerapan anggaran sangat rendah. Sehingga, praktis tidak ada pembangunan yang terlihat di Indonesia. ’’Kita tuh masalahnya nggak ada star power. Jadi satu orang yang bisa meyakinkan market, investor. Punya kredibilitas bagus, dan dia punya kemampuan mengkoordinir pihak-pihak yang terlibat. Sekarang kan kayaknya berjalan sendiri-sendiri, kurang terorganisasi,’’ imbuh Destry.

 Destry menjelaskan, presiden mengakui ada masalah di kementerian. Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak menyebutkan identitasnya. ’’Beliau juga bilang ada menteri yang tidak menjalankan tugsanya. Tapi, kami tidak dalam posisi yang bertanya, siapa,’’ imbuh dia.

Rini Bantah

 Sementara itu, satu nama lain yang gencar diisukan bakal di-reshuffle adalah Menteri BUMN Rini Soemarno. Apalagi, sejak kemarin beredar transkrip rekaman seorang menteri yang dinilai menghina Presiden Jokowi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan