Pedagang Ngeluh Tak Laku

NGAMPRAH – Polemik pedagang di Pasar Curug Agung hingga kini belum klimaks. Sejumlah 67 pedagang di Pasar Curug Agung Lama masih tetap bandel menempati tempat tersebut. Padahal pemerintah sudah menyediakan tempat di Gedong Lima.

Salah satu pedagang di Pasar Curug Agung Lama, Elang, 60, mengaku hal itu dilakukan untuk bisa menjaring lebih banyak pembeli. Sebab, belakangan pembeli di pasar yang baru masih sangat minim. Dengan alasan itu, makanya dirinya tetap memilih untuk berjualan di tempat yang lama.

”Posisi pasar yang dirasa tidak cukup strategis untuk para pedagang dan pembeli. Pembeli sendiri, malas untuk menjangkau pasar yang cukup jauh. Ditambah, lalu lintas di Curug Agung Lama masih tetap ramai,” ucapnya kepada Bandung Ekspres kemarin (29/5).

Masih ramainya Curug Agung Lama tersebut dirasa peluang yang sangat besar menaikan omzet setiap harinya. Apalagi, lokasi pemerintahan sangat dekat dengan pasar. Tidak jarang para pembeli merupakan orang para pegawai dinas di Pemda Bandung Barat.

Sementara di Pasar Curug Agung Baru masih terlihat kios-kios yang masih belum ditempati. Sekitar 30 persen kios belum ditempati oleh para pedagang. Pedagang yang saat ini menempati merupakan pedagang yang sudah memiliki surat izin berdagang.

Salah satu pedagang yang sudah menempati Pasar Curug Agung Baru, Hj Widaningsih mengakui banyak pedagang di Pasar Curug Agung Lama yang tidak memiliki surat izin berdagang. Dia mengurusi surat izin tersebut sudah sejak lama.

”Saat ini untuk mengurusi ijin dagang saja sudah cukup mahal. Hal tersebut pulalah yang membuat para pedagang enggan membuat surat ijin tersebut. Sementara untuk mendapatkan tempat di Curug Agung Lama cukup mudah. sehingga, banyak yang memilih untuk berdagang di sana,” jelasnya.

Dia merasa fasilitas yang diberikan pemerintah untuk Pasar Curug Agung Baru sudah sangat tepat. Hal tersebut membuat dirinya nyaman untuk berdagang di tempat tersebut. Bahkan air untuk para pedagang tidak kekurangan setiap harinya.

Mengenai omzet yang dikeluhkan para pedagang di Curug Agung Lama memang dirasakan oleh dirinya. Pendapatan sejak dirinya pindah ke kios yang baru memang menurun. Hanya pembeli pelanggan yang saat ini membelinya.

Tinggalkan Balasan