oleh

Siap Jadi Tuan Rumah

 [tie_list type=”minus”]20 Ribu Pincuk Lotek Akan Pecahkan Rekor Muri[/tie_list]

SOREANG – Kabupaten Bandung terpilih menjadi lokasi Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) tingkat Jawa Barat. Rencananya, acara tersebut akan diselenggarakan pada awal bulan Juni di Soreang, Kabupaten Bandung.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 20 ribu pincuk lotek dicetak guna memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai salah satu dari rangkaian acaranya. Hal itu diungkapkan Kepala BKP3 Dadang Hermawan, yang ditemui Soreang Ekspres (Grup Bandung Eskpres) di ruang dinasnya Rabu (13/5). ’’Jadi, selain (dihadiri) Pak Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, juga Pak Gubernur akan membuka secara resmi pembukaan Hari Krida Pertanian (HKP) tahun ini,’’ kata dia.

HKP ke-41 pada 2015 ini akan dimeriahkan sejumlah acara. Dia antaranya parade dan defile Kendaraan hias se-Jabar, apel siaga ketahanan pangan, asah trampil atau cerdas cermat pertanian, temu wicara, pasar tani dan pameran produksi pertanian. Bahkan, perwakilan dari 26 kabupaten dan kota se-Jabar akan mengunjungi Kabupaten Bandung.

’’Kegiatan tersebut salah satunya bertujuan meningkatkan semangat para penyuluh pertanian yang ada dalam Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pertanian. Karena itu, lomba asah terampil menjadi salah satu kegiatan yang dipertahankan dalam peringatan HKP itu. Kami akan ramaikan kegiatan ini dengan parade dan defile kendaraan hias. Dalam kendaraan itu, seluruh peserta wajib menghiasai kendaraannya itu dengan produk pertanian yang ada di wilayahnya masing-masing. Misalnya Ciwidey dengan hasil pertanian andalannya, baik sayur mayur ataupun strawberrynya. Namun yang lebih menarik lagi ada kegiatan pencetakan rekor Muri, yakni membuat lotek sebanyak 20 ribu pincuk atau bungkus, untuk dibagikan kepada pengunjungnya,’’ ujar dia.

Dia menambahkan, untuk kegiatan yang lebih berbobot seperti kegiatan asah terampil atau cerdas cermat seputar pertanian akan dilaksanakan seiringan dengan kegiatan HKP itu. Dia mengaku mendapatkan banyak respons positif dari petani dan seluruh perangkat pertanian. Hal tersebut tentunya membuat panitia lebih semangat dalam penggarapan kegiatan tersebut.

Sementara itu, H Wahyudin selaku pelaku usaha bidang pertanian mengaku siap untuk mensukseskan kegiatan Hari Krida Pertanian ke-41 tingkat Jabar itu. ’’Sebagai pelaku usaha pertanian, kami siap memamerkan hasil usaha kami. Kapan lagi kami tampilkan produk dan usaha kami kalau bukan di acara HKP ini. Alhamdulillah tiap tahun kami ikuti ini. Karena ini merupakan bagian kewajiban dari kami sebagai pelaku bidang pertanian,’’ terangnya. (gun/far)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga