Jelang Penilaian, Soreang Steril

[tie_list type=”minus”]Beberapa Titik Benahi Fasilitas[/tie_list]

SOREANG – Pada Senin dan Selasa (11-12/5) ini, Soreang dan sekitarnya mendapatkan penilaian dari panitia Piala Kebersihan Adipura. Hal itu diungkapkan oleh Camat Soreang, Kabupaten Bandung Arya Wiwaha, melalui Kepala Desa Cingcin Hj. Elis Tetty Elawati Marwan.

Dia mengatakan, guna menghadapi penilaian tersebut pihaknya telah memberikan instruksi kepada seluruh kepala desa yang ada di wilayahnya. Yakni untuk menata dan membersihkan lingkungannya masing-masing. ’’Pasalnya, penilaian Piala Adipura ini akan dilakukan oleh tim penilaian pusat. Makanya, kami hampir setiap hari begadang dan membersihkan kawasan yang akan dinilai dalam rangka Piala Adipura itu,’’ kata Hj. Elis Tetty Elawati saat ditemui wartawan di kantornya kemarin (11/5).

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Sadu, Kecamatan Soreang Irwan saat ditemui Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres) . Sejumlah tempat pembuangan sampah sementara, kata dia, telah dibersihkan pihak UPTD Kebersihan termasuk di jalan Lingkar Baru Soreang.

Dia menjelaskan, ada beberapa titik yang akan dinilai oleh tim panitia Piala Adipura. Yakni jalan protokol di lingkungan Komplek Pemkab Bandung, pasar, Jalan Raya Soreang dan sejumlah kantor desa. ’’Kami memang menerima instruksi itu karena memang penilaian Piala Adipura akan dilakukan Senin dan Selasa ini. Untuk itu kami bersama jajaran pemerintah desa dan kepala dusun segera melaksanakan instruksi itu, salah satunya dengan melakukan penataan lingkungan di wilayah kami,’’ tutur dia.

Senada dengan itu, pelaksana lapangan UPTD Kebersihan Irwan Kurniawan juga turut membenahi lingkungan. Dia mengakui, UPTD juga melakukan pembersihan sampah di jalan Lingkar Baru Soreang sejak beberapa hari lalu, termasuk puncaknya Minggu (10/5).

’’Jadi tidak hanya pembersihan kantong-kantong sampah, tapi kami juga melakukan perbaikan jalan dengan cara ditambah juga dengan dilakukan di sepanjang jalan Raya Soreang,’’ terangnya.

Kepala Dispertasih Kabupaten Bandung Erwin membenarkan, jika UPTD pertamanan dan pemakanan telah beberapa hari melakukan penataan terkait dengan penilaian Piala Adipura tersebut. Namun demikian, pihaknya tetap akan melakukan penataan dan membersihkan lingkungan meski tidak ada penilaian Piala Adipura.

Tinggalkan Balasan