DN Teladani Mantan Bupati

[tie_list type=”minus”]Bentuk Penghormatan Pada Sesepuh Bandung[/tie_list]

 SOREANG—Bupati Bandung Dadang M Naser (DN) mengaku meneladani kepemimpinan dan kebersahajaan para mantan bupati Bandung terdahulu. Tidak hanya jadi inspirasi, namun mereka juga dipandang memiliki kontribusi lebih bagi pembangunan di Kabupaten Bandung.

Dengan alasan tersebut, kemarin (16/4), Bupati Bandung Dadang Naser kemudian mengunjungi bupati terdahulu. Selain silaturahmi, itu juga bagian dari bentuk penghargaan kepada sesepuh.

’’Jasa mereka sangat besar ketika membangun Kabupaten Bandung, keteladanan dan kebersahajaannya patut saya tiru,’’ ucap Dadang usai melakukan kunjungan (sowan) ke para mantan Bupati Bandung, di Rajamantri Kota Bandung, kemarin (15/4).

Dia mengatakan, sowan tersebut juga merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Jadi ke-374 Kabupaten Bandung. Dia mengatakan, lokasi pertama yang dikunjungi adalah kediaman mantan Bupati Bandung ke-20, Letkol CAJ.R.H.Lily Sumantri di daerah Gegerkalong Kota Bandung. Kemudian rangkaian kunjungan tersebut berlanjut ke arah Cipaku menuju kediaman mantan Bupati Bandung periode 1990-2000, Kol. CZI.H.U Hatta Djatipermana.

Selanjutnya, rengrengan bupati ini, sowan kepada Kol.Inf.Sani Lupias Abdurachman, mantan Bupati Bandung Periode 1980-1985 di Sidomukti, mantan Bupati Bandung Periode 1985-1990dan Kol.If.H.D.Cherman Effendi di daerah Hegarmanah. Terakhir rombongan menuju kediaman mantan Bupati Bandung periode 2000-2010, Kol.Inf/H.Obar Sobarna, S.Ip di daerah Rajamantri Buahbatu Bandung.

Sebagai generasi penerus, Dadang merasa wajib sowan pada mereka. Sebab, mereka sangat berjasa terhadap kemajuan pembangunan Kabupaten Bandung.

Menurut Dadang, kunjungan yang menjadi agenda tahunan para petinggi Kabupaten Bandung ini. Bagi mereka tentunya memiliki arti tersendiri. Paling tidak karya dan perjuangan mereka selama bertugas, masih mendapat apresiasi penuh dari warga dan Pemerintah Kabupaten Bandung.

’’Bagi Kami, kunjungan ini merupakan sebuah penghargaan besar, bahagia karena masih diingat.Kalau dalam bahasa Sunda mah asa dijelemakeun, nuhun pisan,’’ ucap mantan Bupati Bandung, Cherman Effendi.

Pada kegiatan sowan, banyak pula pesan yang disampaikan para sesepuh Kabupaten Bandung tersebut. Seperti pesan yang disampaikan Lily Sumantri. Mantan Bupati Bandung berusia 87 tahun ini sangat berharap, Bupati Dadang Naser dapat memperhatikan kemajuan Yayasan Bale Bandung (Universitas Bale Bandung) yang selama ini dikelolanya.

Apalagi mengingat IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di suatu wilayah salah satunya ditentukan oleh indikator pendidikan.

Sedangkan, Sani Lupias menilai, saat ini masyarakat sudah banyak yang melupakan jasa-jasa pahlawan terdahulu. Masyarakat sekarang tinggal menikmati dan bersenang-senang saja, sementara amanat tanah air dilupakan. ’’Melalui peran Bupati sekarang, saya menaruh harapan, warga bisa memiliki rasa peka dan kepedulian, terbangun pula rasa kebersamaan dan bisa menghargai upaya pejuang-pejuangnya dulu,’’ ucap salah satu pengurus YAPETTA di Kota Bandung ini.

Sementara itu, Hatta Djatipermana berpesan, agar pembangunan saat ini harus lebih baik dari masa lalu. Dia berharap program-program pembangunan yang telah dirintisnya terdahulu dapat dilanjutkan lagi oleh Bupati saat ini.

”Kalau memang programnya baik dan dapat bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat, tolong dilanjutkan dan disempurnakan,’’ harapnya pula.

Pesan juga disampaikan Obar Sobarna. Untuk memajukan Kabupaten Bandung, kerjasama dan kekompakan antara eksekutif, legislative dan unsur FKPD sangat penting.

’’Siapapun pemimpinnya, saya berharap konsep urang sunda Sabilulungan tetap dipertahankan. Karena dengan kerjasama dan kebersamaan, maka segala permasalahan menjadi ringan,’’ ungkap Obar Sobarna.

Dadang menilai, seluruh pesan yang diberikan menjadi petunjuk baginya dalam melakukan proses pembangunan di Kabupaten Bandung. ’’Semua pesan, keinginan dan harapan beliau, akan kami jadikan pedoman untuk membangun daerah yang baldatun thoyibathun warrobun gofur,’’ pungkasnya. (mg15/rie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.