BKKBN Fokus Program Penanganan Pendudukan

BANDUNG—Pemerintahan baru yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla memiliki harapan baru dalam masalah program kependudukan.

Inspektur Ketenagaan dan Adm Umum BKKBN Pusat, Drs. Aidin Tentramin mengatakan, secara nasional BKKBN akan melanjutkan program yang telah dilaksanakan sesuai dengan Rencana Program Jangka Menengah Nasional RPJMN 2015.

Menurutnya, dalam program tersebut akan menyesuaikan dengan visi dan misi pemerintahan pembangunan yang dicetuskan oleh presiden dengan konsep Nawa Cita.

’’Kita lihat dalam point lima di Nawa Cita yang menyatakan akan menciptakan dan peningkatan kualitas penduduk. Nah program BKKBN akan akan masuk dari sana,” kata Aidin ketika ditemui dalam acara Raker BKKBN wilayah Jabar di Karang setra belum lama ini.

Selain itu, pihaknya juga akan lebih mengintensifkan dari sudut persepektif pada program kependudukan yang berkaitan langsung dengan pengendalian jumlah penduduk dan kualitas penduduk.

’’Ini yang menjadi arah yang menjadi kebijaksanaan BKKBN pada 2015 dan 2016. Namun BKKBN akan berangkat dari titik operasionalnya,” ucap Aidin.

Program-program yang akan diterapkankan diseluruh Indonesia tersebut, lanjut dia, telah didukung oleh berbagai penelitian dan pengkajian secara ilmiah oleh pakar-pakar kependudukan. Sehingga harapannya program tersebut akan maksimal.

’’Ini sudah dilakukan pengkajian dan evaluasi dengan para pakar kependudukan dengan bagaimana merencanakan program kependudukan ke depan,” tutur Aidin

Selain itu, BKKBN juga akan lebih mengintensifkan jajaran unit yang mengelola pengendalian penduduk. Sebab, saat ini jumlah penduduk di Indonesia sudah semakin banyak, khususnya di kota-kota besar.

Adin menyebutkan, tahun ini pihaknya akan melakukan tindakannya dengan menyasar lebih konkrit seperti melakukan penurunan angka fertilitas yang secara nasional di angka 2,46 dan akan ditargetkan menjadi 2,37 di 2015.

’’Sehingga nantinya dengan harapan pertumbuhan penduduk pun bisa diturunkan menjadi 1,3 dan ini harus diwujudkan dengan kesungguhan dan komitmen bersama,” tutup dia. (yan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan