Optimistis, Tapi Harus Realistis

[tie_list type=”minus”]Indonesia Masuk Grup Ringan SEA Games 2015 [/tie_list]

JAKARTA – Harapan besar kembali disematkan kepada pemain muda yang akan turun di SEA Games 2015. Peluang untuk bisa menuntaskan kegagalan dua periode berturut-turut sebagai runner up sepertinya mulai ada jalan terbuka lebar. Sebab, dalam grouping SEA Games 2015 (Selengkapnya baca grafis), Indonesia berada dalam grup A yang dihuni Timnas yang relative mudah buat Indonesia.

Nada optimistis disampaikan Mustaqim, asisten pelatih Timnas U-23 yang menilai skuadnya punya peluang untuk bisa lolos mudah dari fase grup. ”Pertama, saya pikir sekarang ini lawan kami nanti cukup merata, Filipina, Kamboja maupun Myanmar,” terangnya ketika dihubungi kemarin (15/4).

Tetapi, tuan rumah, Singapura juga tidak boleh diremehkan begitu saja. Sebab, dengan dukungan penuh supporter mereka di kandang sendiri secara non teknis bisa mengganggu penampilan Garuda Muda-julukan Timna U-23 tersebut. ”Untuk lolos kami berharap besar, dan melihat peluang itu, yang utama sekarang tidak ketemu Thailand dulu,” tegasnya.

Nah, sikap waspada juga terus ditekankan jajaran tim pelatih Garuda Muda. Karena, Myanmar yang akan menjadi salah satu lawan Indonesia nanti juga tengah menunjukkan performa yang cukup bagus. Bermodalkan sebagian besar timnas U-19 yang lolos ke Piala Dunia U-20 tahun ini di Selandia Baru, Myanmar jelas menjadi ancama serius selain Singapura yang menjadi tuan rumah.

”Kami harus bekerja keras lagi untuk posisi ini, apalagi disitu ada Singapura untuk tuan rumah,” tegasnya. Beratkah perjuangan Indonesia nanti, Mustaqim menyatakan bahwa pihaknya cukup yakin dengan skuadnya. Sekalipun baru akan menjalani latihan pada 5 Mei 2015 nanti, timnya akan segera merapatkan barisan untuk mempersolid Evan Dimas Darmono dkk.

Selain itu, kompetisi Liga Indonesia yang kembali off di awal musim ini bisa mereduksi kemampuan pemain yang disiapkan untuk SEA Games nanti. Sebab, dengan latihan yang tidak terkontrol di masing-masing klub, kondisi pemain tidak akan sama sama. Tetapi, dari sekian pemain yang ada, Evan Dimas dan rekannya di Persebaya menunjukkan semangat tersendiri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan