Pemilihan Ketua DPD PDIP Diprediksi Ketat

Diramaikan 30 Politisi Jabar dan Nasional

COBLONG — Sejumlah nama politisi asal Jabar dan Nasional dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan bersaing dalam pemilihan ketua DPD PDIP Jawa Barat dalam Konferensi Daerah pada 15 Maret nanti.

Wakil sekretaris DPD PDIP Jabar Waras Warsito menyebutkan, saat ini ada 30 nama yang telah mendaftar sebagai bakal calon ketua partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut. menurutnya, nama-nama yang sudah tidak asing lagi di kalangan politisi akan siap memperebutkan kedudukan sebagai ketua DPD Jabar.

’’Ada sejumlah nama-nama tenar seperti Rieke Diah Pitaloka, Nico Siahaan (Artis dan Aggota DPR RI) Ineu Purwadewi Sundari (Ketua DPRD Jabar) dan Ayi Vivananda (Mantan Wakil Wali Kota Bandung). Bahkan, Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat Yayat Soemitrajuga turut meramaikan perebutan tersebut,” jelas Waras ketika ditemui di Gedung DPRD Jabar, kemarin (6/7).

Selain itu, lanjut Waras, ada nama lain seperti Gatot Tjahyono (Sekjen DPD), Ketut Sustiawan, dan Abdi Yuwana yang ikut meramaikan pemilihan nanti yang akan diadakan melalui musyawarah melalui Konferda.

Dirinya menilai, semua nama-nama yang telah disebutkan baik yang menduduki posisi sebagai pengurus partai ataupun menduduki di lembaga legislatif atau eksekutif memiliki peluang yang sama dengan mengikuti prosedur dan sistem pemilihan melalu ketentuan yang ditetapkan oleh DPD. ’’Semuanya berpeluang sama karena mereka semua mengikuti beberapa prosedur seperti test yang dilakukan oleh panitia di DPP,” ucap Waras.

Dia menjamin, mekanisme pemilihan tersebut akan dilakukan oleh DPP secara transparan dan terbuka yang akan ditentukan oleh DPP. ’’Nanti nama-nama tersebut akan dikirimkan ke DPP untuk diseleksi dan dievaluasi yang nantinya akan dikerucutkan menjadi tiga nama,” kata Waras.

Waras menambahkan, teknis dalam pemilihan nanti, DPP akan melakukan pemilihan calon ketua melalui keputusan yang bersifat kolektif kolegial setelah sebelumnya mengerucutkan tiga nama. Sebab dari ketiga nama yang ditetapkan sebagai calon tersebut, akan dikembalikan lagi ke DPD dengan mekanisme pemilihan secara musyawarah.

Pihaknya berharap, DPP PDIP bisa segera menentukan kandidat yang terpilih. Waras memastikan, siapa pun kandidat yang terpilih nanti merupakan kader terbaik. Sebab, lanjutnya, para kandidat tersebut telah melewati berbagai seleksi mulai dari ideologi, integritas, pengabdian, dan komitmen ke partai. ’’Kita tidak sembarangan dalam melakukakan pemilihan dan hanya PDIP yang melakukan pemilihan ketua partai melakukan dengan musyawarah dan terbuka,” tutup Waras. (yan/rie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.