Gemstone Festival: Omzet Sehari Pedagang Tembus Hingga Rp 10 Juta

CIBEUNYING KALER – Perhelatan Gemstone Festival yang diselenggarakan RRI bekerjasama dengan Pelangi Event Organizer akhirnya berakhir. Event yang digelar selama 10 hari tersebut sukses membius pecinta batu akik se-Bandung Raya.

Selama digelarnya event tersebut, rata-rata pendapatan pedagang mencapai Rp 10jt per hari. Sedangkan setiap harinya hampir 10 ribu pengunjung menyesaki gelaran itu.

Dalam penutupan acara itu, Kadisperindag Jabar Ferry Sofwan (mewakili Gubernur Jabar) menyampaikan kesannya terhadap booming batu akik. Menurutnya, fenomena ini harus mampu dimanfaatkan serta dinikmati setiap lapisan masyarakat Jawa Barat. ’’Saya ingin semua masyarakat menikmati fenomena ini, bukan hanya bapak-bapak pengusaha saja,’’ ujarnya.

Dia juga percaya diri akan kekayaan alam yang dimiliki Jawa Barat. ’’Kita berada di Ring of Fire, batu-batu yang ada di wilayah lain saya yakin di sini (Jawa Barat) ada,’’ ucapnya penuh ambisi.

Di bagian lain, besarnya eksplorasi gunung yang mengandung mineral untuk batu akik tidak lantas rusak. Ke depan, dia berharap, para penambang batu memperhatikan lingkungan. ’’Harus ada reklamasi agar tidak ada lubang-lubang bekas galian,’’ katanya.

Pada penutupan kemarin, panitia juga membagikan hadiah termasuk doorprize berupa motor terhadap para pemenang kontes batu akik. Yudi Lasminingrat, selaku juara umum merasa bangga karena berhasil memperkenalkan batu Garut pada masyarakat. (mg7/rie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.