oleh

Siapkan Unit Keayahbundaan

Langkah Kemendikbud dalam Pembinaan

JAKARTA – Orang tua merupakan pendidik terpenting, tetapi justru paling tidak tersiapkan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan saat ditemui media beberapa waktu lalu, mengatakan bahwa pendidikan untuk orang tua sangat penting. Sebab, pengajaran tentang kejujuran dan prinsip-prinsip dasar pembangunan karakter anak berada di rumah.

Pentingnya pendidikan untuk orang tua, ditambahkan oleh Sekretaris Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal (PAUDNI) Ella Yulaelawati, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemendikbud sedang mempersiapkan unit khusus yang akan melakukan pembinaan pendidikan keayahbundaan. ’’Masih dalam pembahasan,” jelas Ella saat ditemui di kantor Kemendikbud beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Pakar Hukum Nilai Anies Lebih Berpendidikan dan Berpengalaman Dibandingkan Jokowi

Direktorat ini, kata Ella, direncanakan akan menjangkau penduduk usia dewasa untuk memperoleh layanan pendidikan keayahbundaan. Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan wawasan, pemahaman tentang kiat mendidik anak sejak janin hingga dewasa. ’’Itu menjadi sasaran strategis meningkatkan akses dan mutu layanan pendidikan keayahbundaan bagi penduduk usia dewasa,’’ kata Ella.

Sampai dengan tahun 2019, direncanakan jumlah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan keayahbundaan sebanyak 87.417. Jumlah penduduk dewasa yang akan mendapatkan layanan pendidikan keayahbundaan sebanyak 4.343.500.

Baca Juga:  Kasus Polusi Udara, Jokowi Hingga Anies Divonis Melawan Hukum

Dengan adanya unit kerja pembinaan pendidikan keayahbundaan diharapkan dapat melakukan penguatan lembaga satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan kemandirian dan kepribadian, pendidikan karakter bangsa, pendidikan anti korupsi, anti kekerasan dalam rumah tangga, dan anti kejahatan seksual pada anak.

Selain itu juga dilakukan penguatan terhadap lembaga atau satuan pendidikan non formal dalam menyelenggarakan pendidikan kecakapan hidup dan kesehatan bagi keluarga marjinal. Unit ini juga melaksanakan peningkatan kapasitas ayah dan bunda dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermakna untuk anak. (kem/tam)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga