oleh

Kepergian Eto’o Berkah Buat Barkley

SAMUEL Eto’o telah resmi diperkenalkan di hadapan publik Sampdoria baru-baru ini. Eto’o meninggalkan Everton dan kembali ke Serie-A dengan durasi kontrak 3.5 tahun. Dengan kepergian sang bintang tersebut, rupanya menjadi dampak yang positif bagi gelandan serang muda Inggris, Ross Barkley.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Barkley telah berjuang keras di musim ini. Penampilannya tidak begitu berpengaruh dalam skema permainan Roberto Martinez yang mengusung formas 4-2-3-1. Meski tak jauh berbeda dengan musim lalu, ia tak lagi tampil mengesankan dan cenderung kurang berguna.

Baca Juga:  Berbagi Berkah Ramadan, LDII Jabar Bagikan Puluhan Ribu Paket Takjil

Hal ini dikarenakan Martinez menggeser posisinya sebagai gelandang serang kiri dan bertugas untuk bermain melebar. Sementara gelandang serang tengah kerap diisi oleh Steven Naismith dan Samuel Eto’o, meski pemain asal Kamerun tersebut belum benar-benar membuktikan kapabilitasnya ketika dimainkan pada posisi tersebut.

Barkley tidak pernah bermain apik dalam posisi barunya tersebut. Ia kurang mendapatkan ruang untuk dieksploitasi, ia hanya memiliki tiga arah untuk bergerak, tidak seperti di tengah di mana ia bebas untuk berotasi. Ditambah dengan kehadian Leighton Baines yang selalu maju untuk membantu penyerangan. Dengan begitu Barkley sering bergerak memotong ke dalam dan terlalu mudah ditebak oleh bek-bek lawan.

Baca Juga:  Aturan Baru, Penutupan Objek Wisata di KBB Bikin Pengusaha Kelimpungan

Maka disaat Eto’o telah pergi, Barkley harus menjadi pilihan utama Martinez untuk mengisi posisi tengah, di belakang Lukaku. Yang ia butuhkan hanyalah kepercayaan dan waktu untuk bermain di tempat favoritnya maka Barkley akan kembali menunjukan performanya seperti musim lalu. Diparuh pertama ini, Martinez hanya memainkan Barkley 15 kali dengan raihan 1429 poin di FM Super Soccer.

Bermain di tengah, Barkley memiliki kemampuan untuk merusak bentuk pertahanan lawan. Ia memiliki kemampuan untuk berduel, menerobos pertahanan lawan dengan dribblenya atau melakukan tembakan jarak jauh. Tak jarang Barkley membuka ruang untuk membantu para rekannya.

Baca Juga:  Berbisnis di Tengah Pandemi

Liga Inggris telah memasuki paruh musim kedua. Ini adalah kesempatan Everton untuk bangkit setelah rentetan hasil buruk di akhir tahun kemarin. Martinez juga harus membantu Barkley dalam menjaga tempatnya di timnas Inggris. Hal ini dapat membantu The Toffees untuk meraih kemenangan pertama yang tak sekalipun mereka cicipi dalam 40 hari lebih. (bbs/fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga