Motivasi Passos Tetap Sama, Mencetak Kiper Andal

BANDUNG – Sepakbola Indonesia belum menemukan titik terang selama pandemi Covid-19. Beberapa klub Liga 1 memutuskan untuk membubarkan diri, pelatih dan pemain juga diantaranya memilih hengkang ke liga negara lain.

Namun tidak untuk staf pelatih Persib Luizinho Passos, pelatih penjaga gawang asal Brasil itu masih menunggu kepastian kompetisi bergulir yang wacananya digelar Februari. Ini adalah masa suram selama empat tahun Passos berkarier di Indonesia.

Passos mengungkapkan kecintaannya kepada Indonesia. Ia kerasan di sini khususnya di Bandung. Passos datang pertama kali ke negeri ini tahun 2017 dengan bergabung bersama klub asal Kalimantan Timur Borneo FC.

“Terimakasih untuk semua pihak yang sudah mendukung saya. Hampir empat tahun di sini dan saya sangat cinta Indonesia, khususnya Bandung,” kata Passos dilansir dari simamaung.com.

Meski situasi liga saat ini buruk, namun motivasinya mengorbitkan penjaga gawang potensial tak sedikit pun menurun. Saat senggang seperti ini ia memberi sumbangsih menggelar coaching clinic kepada pelatih kiper di lingkungan Akademi dan Diklat Persib.

Indonesia memiliki banyak potensi kiper yang dapat dipoles menjadi pemain besar. Sebelumnya tak ada yang mengenal M Ridho, Nadeo Argawinata, atau Gianluca Pandeynuwu. Itu tiga kiper yang berhasil diorbitkan Passos ke kompetisi profesional dan ke level Timnas selama mengabdi di Borneo FC (2017-2019).

“Saya selalu termotivasi membuat setiap kiper menjadi kiper yang terbaik di negaranya. Pertama saya datang ke sini, ada M. Ridho dan Nadeo. Sebelumnya orang-orang belum tahu siapa mereka. Saya lihat ada motivasi, disiplin dan kemampuan hebat dari mereka,” tuturnya.

Di Persib tak begitu sulit, pasalnya tim telah memiliki kiper berpengalaman seperti I Made Wirawan, Dhika Bayangkara, serta Teja Pakualam. Ia tinggal memoles ketiganya selalu berada di puncak performa membantu tim memenangkan pertandingan.

Passos justru tertarik mengorbitkan kiper muda lainnya dari Akademi dan Diklat Persib. Aqil Savik jadi salah satu pemain yang ingin ia bantu mengantarkannya ke level timnas, dan saat ini Aqil tengah TC di Timnas persiapan SEA Games Filipina.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan