Waduh! RSUD Cibabat Kewalahan, Pasien Covid-19 Terpaksa Disimpan di IGD

CIMAHI – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Kota Cimahi bakal menambah kapasitas bed atau tempat tidur untuk pasien Corona Virus Disease (Covid-19). Pasalnya, ketersediaan bed di ruang isolasi khusus saat ini sudah penuh.

Pelaksana Tugas Direktur Utama RSUD Cibabat, Reri Marliah mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jabar terkait penambahan bed khusus pasien Covid-19. Pihaknya terlebih dahulu akan menyiapkan ventilasinya.

“Ada rencana penambahan. Kita sudah koordinasi dengan Pemprov Jabar. Saya siapkan tata ruang ventilasi dulu,” kata Reri saat ditemui, Selasa (1/12).

Saat ini, total ada sekitar 43 bed yang tersedia di RSUD Cibabat untuk pasien Covid-19. Rinciannya, di Intensif Care Unit (ICU) ada 4 tempat tidur untuk anak-anak dan dewasa. “Untuk dewasa ada 2 dan sudah terisi. Anak-anak isi 1,” terang Reri.

Kemudian untuk ruang isolasi kuning semuanya suda terisi penuh. Ada 12 tempat tidur yang tersedia, yaitu 9 untuk dewasa dan 3 untuk anak-anak. Kemudian ruang isolasi hijau ada 24 bed untuk anak-anak dan dewasa.

“Semuanya sudah terisi. Kebidanan hijau juga ada 3 sudah full bed,” ucap Reri.

Dikatakannya, sejak libur panjang Oktober lalu memang terjadi lonjakan kasus Covid-19 sehingga otomatis berdamlak terhadap ketersediaan tempat tidur pasien. Bahkan hingga saat ini, ungkap Reri, ada 5 orang pasien suspect Covid-19 yang menunggu di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Pasien tersebut, kata Reri, tidak mungkin dipulangkan lagi sebab khawatir malah akan menjadi sumber penularan baru di lingkungannya.

“Ada 5 pasien nunggu IGD, suspect dan probable dipisahkan ruang khusus gak boleh ada yangmasuk kecuali petugas,” tegasnya.

Reri melanjutkan, pasien Covid-19 di RSUD Cibabat bukan hanya berasal dari Kota Cimahi saja. Melainkan dari berbagai wilayah di Bandung Raya, mengingat rumah sakit yang terletak di Jalan Jenderal Amir Machmud itu merupakan rumah sakit regional.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, drg. Pratiwi meminta rumah sakit menambah daya tampung ruang isolasi khusus pasien Covid-19.

Salah satu rumah sakit yang saat ini sedang melakukan proses penambahan ruang isolasi untuk pasien Covid-19 yakni RSUD Cibabat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan