Ternyata di Kota Cimahi Ada 879 Orang Alami Gangguan Jiwa

CIMAHI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mencatat, jumlah penyandang Orang Dengan Gangguan Jiwa Berat (ODGJ) berat sepanjang tahun 2019 di Kota Cimahi mencapai 879 jiwa atau 114,5 persen dari angka total yang diestimasikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sebanyak 768 jiwa.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini mengatakan, capaian pravelensi ODGJ berat itu terdata dari 13 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kota Cimahi serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat dan Rumah Sakit Mall.

“Sasaran ODGJ kita itu 768 jiwa, dan capaian ODGJ berat skizofrenia dan psikotik itu ternyata melebihi estimasi mencapai 879,” terangnya saat dihubungi, Minggu (1/3/2020).

Skizofrenia adalah gangguan mental yang terjadi dalam jangka panjang. Gangguan ini menyebabkan penderitanya mengalami halusinasi, delusi atau waham, kekacauan berpikir, dan perubahan perilaku. Gejala tersebut merupakan gejala dari psikosis, yaitu kondisi di mana penderitanya kesulitan membedakan kenyataan dengan pikirannya sendiri.

Dijelaskan Rini, sapaan Chanifah Listyarini, angka pravelensi itu ditetapkan agar masyarakat yang mengalami gangguang jiwa bisa terdeteksi dan ditemukan. Sebab jika tidak ditangani dan tak mendapat penanganan, dikhawatirkan kondisinya kejiawannya akan semakin memburuk.

“Kalau enggak ditemukan ditakutkan enggak terkontrol. Karena ODGJ itu harus minum obat tertentu yang rutin harus dia konsumsi sehingga dia (penderita) enggak kambuh,” jelas Rini.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan orang mengalami gangguan jiwa. Seperti faktor genetik atau keturunan dan faktor lingkungan. Namun, faktor lingkungan menjadi pemicu dominan yang menyebabkan orang menjadi stres.

Untuk penanganan kesehatan jiwa secara keseluruhan di Kota Cimahi, lanjut Rini, ada sejumlah program yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Cimahi. Di antaranya peningkatan kompetensi dini kesehatan jiwa dan napza oleh kader kesehatan dan masyarakat terlatih.

Kemudian ada peningkatan kompetensi dokter umum dan perawat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dalam pelayanan kesehatan jiwa. Ada juga pemenuhan dan pemanfaatan obat-obatan jiwa di 13 Puskesmas dan beberapa program lainnya.

Dikatakannya, Puskemas di Kota Cimahi sendiri siap melayani pasien yang mengalami gangguan jiwa atau ODGJ. Sebab ada dokter yang sudah dilatih untuk menangani kesehatan jiwa. Namun jika memerlukan tindakan lebih lanjut, pihaknya harus memberikan rujukan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan