Ledakan Tabung Gas Melon Rusak 4 Rumah di Bandung Barat

NGAMPRAH – Ledakan tabung gas 3 kilogram merusak sedikitnya empat rumah di Kampung Cibacang, Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Ledakan tabung gas tersebut berasal dari rumah milik warga setempat atas nama Tatang (51). Tabung gas tersebut meledak pada Rabu (21/10) pagi hari. ”Betul ada kejadian tabung gas meledak tadi pagi. Karena kebocoran dari tabung gas milik warga yang meledak terus merusak empat rumah lainnya karena posisinya berdempetan,” kata Kanit Reskrim Polsek Padalarang, Ipda Ecep Karniman, kemarin.

Menurut Ecep, tak hanya merusak empat rumah milik warga lainnya. Ledakan tersebut juga menyebabkan istri pemilik rumah yang tabung gas itu mengalami luka bakar.  ”Kalau istrinya kebetulan ada di dapur mau masak nasi kuning, terus bajunya terbakar akhirnya jadi korban. Sekarang sudah dilarikan ke RS Kharisma Cimareme, lukanya tidak terlalu parah juga,” jelasnya.

Sementara itu, kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo langsung mengintruksikan anggotanya untuk melakukan assessment pascakejadian ledakan tersebut. Para pemilik rumah yang terdampak langsung diungsikan ke kerabat terdekat. ”Untuk sementara rumah tidak bisa ditinggali, sekarang kita juga sedang lakukan assessment dampak kerusakan,” kata Duddy.

Dengan adanya kejadian tersebut, Pihaknya mengimbau agar warga selalu mengecek keamanan tabung gas dan regulator sebelum digunakan untuk menghindari ledakan tabung gas hingga menimbulkan kerusakan dan korban.

”Kalau sekiranya ada bau gas bocor langsung cabut selang gas, bawa ke tempat lapang dan jangan dinyalakan karena jelas akan menyebabkan ledakan,” pungkasnya. (mg6/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan