oleh

Bawaslu: Pungut Hitung Meru­pakan ‘Mahkotanya’ Pilkada

PACET – Ketua Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan memprioritaskan tiga pengawasan menjelang masa tenang pemilihan bupati dan wakil bupati Cianjur 2020. Hal tersebut diung­kapkannya pada saat rapat kerja teknis dan simulasi pungut hitung di HotelSangga Buana, kemarin (1/12).

“Pungut hitung merupakan mahkotanya pilkada kami pastikan kaidahnya berjalan benar tepat dan akurat, fokus kami di Bawaslu sebelum pungut hitung ini ada tiga poin,” ujar Abdullah saat menggelar rakernis bersama Panwascam se-Cianjur.

Abdullah mengatakan, fokus lainnya yang men­jadi sorotan Bawaslu adalah bagaimana mengawasi kes­esuaian jumlah DPT dengan surat suara di TPS, kesiapan logistik dan mengawasi PPS di saat hari H pencoblosan.

“Beberapa pengawasan di­lakukan melihat kejadian se­belumnya, seperti keterlam­batan surat suara,” katanya.

Abdullah mengatakan, jangan sampai ada pemilih yang mencoblos dua kali, lalu pihaknya juga memastikan warga yang sudah memiliki hak pilih tapi belum me­miliki KTP elektronik yang menggunakan surat keter­angan, maka suratnya yang terkonfirmasi dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah setempat.

“Kami juga akan melakukan pengawasan rekapitulasi hasil suara, kami memasti­kan kaidah yang dijalankan harus benar dan akurat, soal bagaimana proses penghi­tungan yang benar dan tepat antara DPT dan jumlah surat suara,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.