Minta Legok Nangka Beroperasi

BANDUNG – Keberadaan Tempat Pengelolaan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Legok Nangka menjadi sangat penting. Sebab, TPPAS tersebut digunakan untuk menampung sampah wilayah Bandung Raya.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, seiring dengan mau berakhirnya kontrak pembuangan sampah di TPPAS Sarimukti Kabupaten Bandung Barat pada 2020. TPPAS Legok nangka akan mengambil peran dalam pengelolaan sampah.

’’Jadi kami minta untuk operasionalnya segera dilaksanakan, sekaligus melakukan ujicoba,’’kata Ineu kepada wartawan dalam kunjungan kerjanya bersama anggota dewan lainnya, Senin, (21/10).

Dia menilai, pengeloaan sampah yang baik akan memberikan dampak untuk mewujudkan kawasan permukiman yang sehat dengan lingkungan yang bersih dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat Jawa Barat.

Menurutnya, sejauh ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov) Jabar sudah memberikan komitmen antara dengan enam Pemerintah Daerah terkait pengguna layanan pengelolaan sampah TPPAS Regional Legok Nangka.

’’Kemarin kan sudah disepakati dengan pemerintah daerah di antaranya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, Pemkab Garut, Pemkab Sumedang, Pemkab Bandung Barat, dan Pemkot Cimahi,’’kata Ineu.

Kesepakatan ini, kata Ineu merupakan syarat dimulainya proses lelang TPPAS Regional Legok Nangka. Sebab, untuk pengelolaannya nanti  TPPAS Legok Nangka akan menggunkan sistem weste to energy.

’’Kami harap bisa terwujud TPPAS Regional Legok Nangka yang betul-betul bisa menjadi solusi mengatasi permasalahan sampah di wilayah Bandung Raya ini”, jelas Ineu.

Meski TPPAS akan segera difungsikan Ineu meminta, kepada keenam pemerintah daerah agar pengurangan pembuangan sampah harus dimulai dari tingkat rumah tangga. Yaitu dengan memilih dan memilih. Dengan begitu, ketika sampah dibuang ke TPPAS akan berkurang. Sebab, sebagian sampah sudah dimanfaatkan.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat Imam Budi Hartono mengatakan keberadaan TPPAS Regional di Jawa Barat sudah sangat mendesak sehingga pihaknya mendorong TPPAS di Jawa Barat agar bisa segera berfungsi.

“Kita berharap TPPAS Regional Legok Nangka ini, dan Nambo (TPPAS Regional Lulut – Nambo) agar bisa segera beroperasi karena daerah sekitarnya sudah sangat membutuhkan”, ucap Imam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan