Lensa Academy, Talent Scouting Audio Visual

BANDUNG – Transformasi dunia fotografi di era digital saat ini kian beragam. Termasuk pengemasan karya audio visual.

Dengan perkembangan teknologi yang ada, nyatanya melatarbelakangi terbentuknya Lensa Community, dengan melahirkan program Lensa Academy. Kehadiran mereka, untuk memperkaya pengetahuan dalam menghasilkan karya visual berkualitas.

Perwakilan dari Lensa Academy, Sigit Diapsoputra menyebut, untuk tahun kedua dia menyasar sepuluh kota. Di antaranya Kota Bandung, Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Jember, Malang, Banjarmasin dan Pontianak.

”Tahun lalu kami hanya tiga kota saja, dan Bandung tidak masuk di antaranya. Jadi untuk tahun ini kita  mengambil Bandung sebagai kota pertama,” ujarnya saat ditemui di Gedong Putih, Jalan Sersan Bajuri, Kabupaten Bandung Barat,  Minggu (27/1).

Dia mengatakan, Lensa Academy juga merupakan program talent scouting atau ajang pencarian bakat di bidang audio visual termasuk fotografi.

Tema yang dipilih adalah ”Capture to Print” untuk di Kota Bandung. Sementara kota lainnya ada tema yang berbeda dengan menghadirkan ahli di bidangnya.

”Kami menghadirkan Jozz Felix sebagai pembicara dia seorang fotografer terkenal dengan karya-karya bertema black and white,” urainya.

Tak hanya Felix, ada beberapa ahli lainnya yang menjadi pembicara untuk mewakili genre karya audio visual seperti videografer, vlogger dan drone pilot untuk dipilih 30 terbaik dari 10 kota dan akan diakademikan empat orang terbaik.

”Empat orang itu yang berangkat ke lensa project, capture Vietnam, untuk ditantang berkolaborasi membuat karya visual yang paling keren. Nantinya setelah mereka pulang akan dipamerkan kepada publik di Jakarta,” tuturnya.

Sementara itu, Jozz Felix menambahkan, di era digital banyak fotografer yang kian dimanjakan dengan kecanggihan teknologi kamera.

”Jadi seorang fotografer sejati itu bukan hanya soal kamera mahal dan canggih saja, ada banyak faktor untuk bisa menghasilkan gambar bagus dan bisa dinikmati banyak orang dalam pameran ataupun photobook,” tutur Felix.

Menurut Felix, hadirnya Lensa Academy di Bandung akan memberikan pengalaman baru bagi seorang fotografer. Tak hahya hunting foto, melainkan terlibat di dalam dapur percetakan hingga akhirnya sebuah karya terlihat sempurna.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan