Cerdas Menggunakan Gadget

Pendampingan yang dimaksud adalah pengaturan jadwal antara membaca bahan belajar dan bermain. Orangtua berkewajiban penuh memegang kendali jadwal kegiatan anak. Penggunaan metode belajar sambil bermain juga menjadi salah satu alternatif bagi orangtua dalam membimbing sang anak untuk melewati masa-masa krusialnya ini. Selain itu, anak sebaiknya tidak diajarkan terlebih dahulu cara mengakses internet sehingga tidak memberi celah kosong yang bisa saja menjadi blunder pada perkembangan anak.

Penggunaan aplikasi offline lebih dianjurkan daripada aplikasi berbasis online atau aplikasi yang membutuhkan jaringan internet. Orangtua juga harus mempertimbangkan perkembangan sosial bagi anak yakni dengan memberi porsi untuk anak bersosialisasi dengan anak lain, dapat dilakukan di lingkungan rumah maupun sekolah. Sehingga dengan begitu, selain intelektual sang anak berkembang, kepekaan terhadap sosial dalam diri anak juga terbangun.

Teknologi ini hanyalah merupakan alat, sementara untuk menjadi positif atau negatifnya akan kembali lagi kepada kita sebagai para penggunanya. Oleh karena itu, menjadi bijaklah dengan mengatur waktu penggunaan gadget, jangan sampai kita lupa terhadap tanggung jawab kepada Allah SAW dan orang-orang di sekitar kita. Lebih banyak luangkan waktu untuk kegiatan positif agar tubuh kita selalu sehat jasmani dan rohani. Karena di dalam tubuh yang sehat tentunya terdapat iman yang kuat. Kalau bukan kita yang menjaga kesehatan tubuh sendiri, siapa lagi?

Mari menjadi generasi yang sehat dan sukses, bukan menjadi generasi yang hanya bisa menunduk menatap gadget yang memiliki potensi kerugian amat besar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan