Teknologi Canggih Apple Siap Dukung IKN Jadi “Smart City”

JABAR EKSPRES – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyampaikan bahwa CEO Apple, Tim Cook, menyambut antusias permintaan Presiden Joko Widodo agar perusahaan tersebut terlibat dalam pengembangan smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Mister Tim Cook sangat antusias menyambut permintaan itu, karena itu cocok juga dengan perusahaannya terkait smart city,” ujar Budi saat konferensi pers di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, pada Rabu (17/4).

Budi menyebut bahwa selama diskusi dengan Presiden Joko Widodo, CEO perusahaan teknologi raksasa itu melihat potensi besar Indonesia untuk pengembangan, terutama karena keberagaman budayanya.

Tim Cook memastikan Apple akan terus beroperasi di Indonesia, tidak hanya melalui produk-produknya, tetapi juga berkontribusi dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia.

Baca juga: Apple Siap Bekerja Sama dengan Pengusaha Indonesia, Pemerintah Siapkan Fasilitas Pencocokan Bisnis untuk Memperlancar Kolaborasi

Apple antusias untuk berperan dalam pengembangan IKN, yang dirancang menjadi kota dengan sistem dan tata kelola smart city terbaik.

“Tim Cook itu sangat senang datang ke Indonesia. Dia melihat Indonesia potensinya luar biasa besar, negara dengan keberagaman luar biasa, dan untuk itu Apple berkomitmen untuk terus hadir dan ada di Indonesia,” ungkap Budi.

Apple telah berinvestasi di Indonesia senilai Rp1,2 triliun untuk mendukung program pengembangan talenta digital melalui Apple Developer Academy.

Investasi ini disalurkan melalui fasilitas pelatihan untuk ahli teknologi di tiga fasilitas Apple Academy yang ada di BSD, Kabupaten Tangerang, Universitas Ciputra Surabaya, dan Nongsa Digital Park di Kota Batam.

Selain itu, Apple akan menghadirkan fasilitas serupa yang baru di Bali, menjadikannya akademi keempat di Indonesia.

Harapannya, investasi ini akan terus berkembang dengan pendirian pabrik komponen produk yang didorong oleh Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan Tim Cook, memberikan nilai tambah lebih besar bagi Indonesia.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Apple Vision Pro Banyak Digemari!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan