BNN Gandeng Pelajar Perangi Narkoba

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Wilayah VI pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Ba­rat, Ester Miori Dewayani yang turut hadir pada acara terse­but menilai, pentingnya ke­hadiran perwakilan OSIS dalam acara ini akan men­jadi bidikan utama untuk menjadi ujung tombak mem­bantu menangani berkurang­nya pengguna narkoba di kalangan pelajar.

Selain narkoba, kata Ester, penggunaan gadget yang ber­lebih tanpa pengawasan dan kontrol orang tua juga sangat membahayakan bagi kalangan pelajar. Karena yang diserang bukan hanya syaraf mata, telinga, atau otaknya saja, tapi kejiwaannya.

“Mereka akan dengan mu­dahnya mengakses tidak ha­nya game, tapi juga hal-hal yang berbau sex bebas, keke­rasan, pornografi, dan nar­koba. Maka dari itu andil orang tua sangatlah penting untuk ikut mengkampanyekan ge­rakan bersama 1 jam tanpa gadget,” ujar Ester.

Sebelumnya BNN Kabupa­ten Bandung Barat pun mela­kukan deklarasi antinarkoba bersama ratusan anggot klub motor dalam rangka mem­peringati Hari Sumpah Pe­muda 2019.

Tercatat, ada sekitar 300 ang­gota dari 6 klub motor di wi­layahnya yang akan terlibat dalam mengkampanyekan anti narkoba. Mereka akan dilibatkan untuk menyuara­kan semangat persatuan dan mendeklarasikan antinar­koba.

“Dengan menggandeng klub motor ini, untuk menunjukkan juga kepada masyarakat luas bahwa klub-klub motor di Kabupaten Bandung Barat mendukung pemberantasan narkoba,” ujar Sam.

Menurut Sam, dukungan dari para anggota klub motor ini perlu diapresiasi. Pasalnya, hal itu membuktikan ang­gota klub motor tidak selalu identik dengan perilaku ne­gatif dan meresahkan masy­arakat.

“Sebaliknya, mereka justru mendukung hal positif, dalam hal ini mengampanyekan antinarkoba. Apalagi, seba­gian besar anggota klub mo­tor merupakan generasi muda yang rentan terjerumus penyalahgunaan narkoba,” terangnya.

Sam menuturkan, pencega­han dan pemberantasan nar­koba membutuhkan dukungan dari setiap elemen masyara­kat. Terkait dengan hal ini, pihaknya juga meminta agar semua kepala desa turut ber­peran aktif dalam melakukan pencegahan, penyalahgu­naan dan peredaran narkoba. Apalagi, saat ini narkoba su­dah merambah daerah-dae­rah pinggiran dengan target di antaranya para pelajar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan