Silat Perlu Dikemas Kekinian

BANDUNG – Calon anggota legislatif Kota Bandung dari Nasdem Jasti Cahaya Nurani menilai, perlu ada kemasan khusus agar silat diminati kalangan anak muda saat ini. Caranya, dengan membentuk wisata kampung silat.

Perempuan penerus Paguron Gajah Putih ini menilai, sudah memiliki konsep untuk pembentukan kampung silat tersebut. Tidak hanya melibatkan Gajah Putih, tapi juga merangkul paguron-paguron lain untuk bergabung dalam satu kawasan.

”Saat ini paguron tersebut ke berbagai pelosok tanpa diketahui di mana saja tempat latihan mereka dan di mana saja anggota mereka. Makanya, demi menarik kalangan anak muda dan wisatawan, perlu ada pengemasan khusus agar silat ini menjadi sangat menarik, baik untuk dipelajari atau pun untuk tujuan wisata,” papar perempuan yang berasal dari Dapil 6 (Kecamatan Astana Anyar, Bandung Kulon, Bojongloa, dan Babakan Ciparay) tersebut.

”Saya berharap, ke depan, warga Kota Bandung lebih sensitif terhadap kelestarian budaya. Sebab, itu bagian dari identitas,” sambungnya.
Anggota Komisi 1 DPR RI Arief Suditomo mengapreasi ide dari Jasti. Menurut dia, ide kreatif itu ibarat nafas. Begitu yang satu hilang, maka akan muncul lagi ide yang lain.

”Banyak orang yang tidak peduli dengan pengemasan. Saya setuju dengan Jasti, pengemasan budaya itu harus dikemas lagi agar lebih menarik, tidak hanya untuk dipelajari tapi juga menarik sebagai wisata,” tuturnya. (rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan