Siapkan Rp 95 Miliar untuk Citarum

KERTASARI – Bupati Kabupaten Bandung Dadang M. Naser mengatakan Pemkab Bandung sendiri untuk membantu program Citarum sudah menggarkan Rp 95 miliar.

Menurutnya, pemulihan hulu Citarum pihaknya telah membuat beberapa program di antaranya membangun Septitank komunal untuk masyarakat. Selain itu, membuat danau retensi di Majalaya seluas 3 hektar dan revitalisasi situ di Kertasari serta perbaikan danau di Kamojang.

Untuk mengurangi sampah di Sungai Citarum akan dilakukan dengan cara pemasangan jaring di enam titik sungai dan anak sungai. Sehingga sampah di sungai Citarum dan anaknya bisa tertahan di jaring.

Setiap desa diberikan dana Rp 50 juta untuk membangun tempat pembuangan sampah sementara. Serta Dinas LH Kabupaten Bandung membangun pojok edukasi sampah dan mewajibkan PNS menanam dua pohon serta membayar uang pemeliharaan Rp 50 ribu.

’’Semuanya ini sedang dilakukan dan harapannya masyarakat disekitar Hulu Cisanti akan bersinergi untuk mendukung progra-program yang di canangkan Pemkab Bandung,”pungkas Dadang. (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan