Perbaiki Komunikasi Pemain

JAKARTA – Pelatih Timnas In­donesia Bima Sakti mengakui ada satu hal penting yang perlu dibenahi oleh skuad Garuda sebelum bertan­ding melawan Timor Leste di Sta­dion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, dalam lanjutan Piala AFF 2018, Selasa (13/11). Menurut Bima, kekurang­an pemainnya dalam laga kontra Singapura Jumat lalu (9/11) yang berakhir 0-1 untuk tuan rumah adalah dalam sisi komunikasi. “Yang pasti masalah komunikasi, kema­rin memang terjadi kurang komu­nikasi sehingga kemarin sedikit nervous pemain saat mendapatkan tekanan dari pemain Singapura dan kami merasa seperti kehilangan jati diri kami seperti sebelum-se­belumnya,” kata Bima dalam jumpa pers sebelum laga, Senin (12/11).

Karena itu, Bima Sakti menga­ku tugasnya bukan hanya mem­perbaiki taktikal dan komuni­kasi di atas lapangan. Tapi, dia juga harus memperbaiki menta­litas para penggawanya.

“PR juga buat saya sebagai pe­latih, bagaimana mengangkat motivasi mereka yang kemarin habis kalah, dan saya berharap mereka bisa bangkit di pertan­dingan besok,” tegasnya.

Terpisah, Kapten Timor Leste Jorge Sabas Victor meminta rekan-rekannya mewaspadai para pe­main Indonesia dalam laga kedua Grup B Piala AFF 2018.

Menurut Victor, kecepatan men­jadi kekuatan utama Indonesia dalam laga di SUGBK, Jakarta.

“Mereka memiliki winger yang cepat. Harus diakui, mereka pu­nya pemain bagus dan tentu harus diwaspadai,” ungkapnya.

Selain itu, dia meminta teman-temannya mewaspadai motivasi Indonesia mengembalikan keper­cayaan publik. Sebab, Timnas Indonesia mendapat sorotan tajam usai dikalahkan Singapura dengan skor 0-1 pada laga perdana.

“Kami sama sekali tak melihat Indonesia kalah kemarin. Indo­nesia tetap lawan yang tangguh karena sering bermain di Piala AFF,” imbuh Victor.

Timor Leste sendiri sedang mencari poin pertama setelah digunduli Thailand tujuh gol tanpa balas pada laga perdana.

Sebelumnya, Timnas Indonesia menelan pil pahit setelah dikala­hkan Singapura dengan skor 0-1 pada laga Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Jumat (9/11).

Hasil minor itu membuat Indo­nesia harus bekerja keras pada empat laga tersisa fase grup.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan