Penetapan Suara Diumumkan 4 Juli

NGAMPRAH– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat akan melakukan pleno penetapan suara secara resmi pada Rabu, 4 Juli 2018 mendatang. “Saat ini kami masih menunggu mekanisme penghitungan mulai dari PPS dan PPK. Hasil resminya nanti diumumkan setelah rekap di KPU,” kata Iing di Padalarang, kemarin.

Seperti diketahui, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat nomor urut tiga, Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan (Akur) meraih perolehan suara paling tinggi di Pilkada Kabupaten Bandung Barat 2018. Paslon Akur yang diusung oleh koalisi Partai Demokrat, PAN, PKS, NasDem, dan PKPI  berdasarkan hasil hitung cepat internal dan tabulasi di KPU KBB berhasil meraih suara 48,45%. “Dari hasil suara yang masuk pasangan nomor tiga atas nama Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan berhasil meraih suara 419.225 atau 48,45%,” katanya. 

Sementara, suara paslon nomor satu Elin Suharliah-Maman S Sunjaya (Emas) sebesar 195.763 atau 22,62% dan paslon nomor urut dua Doddy Imron Holid-Pupu Sari Rohayati (Kado) 250.355 atau 28,93%. Iing mengatakan hasil itu memang sudah final tapi belum ditetapkan secara resmi. “Karena harus melalui rapat pleno penetapan suara dan kita akan umumkan nanti secara resmi,” katanya.

Secara umum Iing mengapresiasi pelaksaan Pilkada Serentak di Kabupaten Bandung Barat berjalan lancar dan aman tanpa ada kendala satupun. “Alhamdulillah dari awal pelaksanaan debat sampai pencoblosan berjalan sesuai dengan harapan kita bersama,” ungkapnya seraya menyebutkana rasa syukur dan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras, loyalitas dan dedikasi dari seluruh penyelenggara pemilihan serentak TNI/Polri, parpol dan media.

Dia juga meminta permohonan maaf atas segala kekurangan, kelemahan yang masih ada. Untuk itu, segala kekurangan harus terus diperbaiki dan disempurnakan. “Mari kita perbaiki dan sempurnakan ikhtiar kita dengan kerja keras dan sikap profesionalisme. Semoga Allah selalu memberi kekuatan dan lindungan untuk kita semua,” paparnya. 

Sementara itu, Sekretaris Pemenangan Tim Emas Lili Supriatna mengaku menerima hasil real count C1 KPU KBB yang memenangkan Akur. Meskipun begitu dia mengaku tetap mengikuti tahapan pilkada yakni menunggu penghitungan manual di KPPS, PPS, dan PPK yang masuk ke tabulasi KPU KBB. Hal itu sesuai dengan pesan dari Cabup Elin yang meminta untuk menunggu hasil hitung manual dari KPU, serta menghargai kinerja KPPS, PPS, dan PPK. “Nanti jika hasil manual atau pleno sudah diumumkan, maka Cabup Ibu Elin akan langsung mengucapkan selamat pada Aa-Hengki,” tuturnya. 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan