Kang Hasan Tekankan Pendidikan Karakteristik Sejak Dini

Bandung – Ketua Umum Perhimpunan Alumni Pendidikan Pasundan Indonesia (PAPPI), Tubagus Hasanuddin menyatakan pendidikan karakter menjadi barang yang sangat penting dan harus ditanamkan sejak dini pada generasi bangsa.

Kang Hasan -sapaan Tubagus Hasanuddin- mengatakan, pendidikan karakter juga merupakan upaya untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) serta menguatkan moralitas bangsa dalam era globalisasi saat ini yang dinilai semakin mengalami kemunduran.

“Adanya kecenderungan degradasi kondisi moralitas, etika, dan budi pekerti menjadikan pendidikan karakter itu penting,” kata Kang Hasan usai menjadi pembicara dalam seminar di STIE Pasundan, Kota Bandung (03/03).

Saking pentingnya, Kang Hasan menuturkan, pendidikan karakter harus sudah diberikan sejak taman kanak-kanan dan bukan hanya untuk kalangan akademisi saja. Dia mencontohkan, pengalamannya di luar negeri, pendidikan karakter menjadi hal mendasar yang diberikan.

“Mereka tidak terlalu banyak ilmu-ilmu yang diberikan tetapi pendidikan karakter itu yang diutamakan,” kata dia.

Pria yang juga Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat tersebut mengungkapkan, penguatan pendidikan karakter pada era globalisasi juga harus disertai dengan cara berpikir yang kritis. Namun, tentunya tetap disampaikan secara santun serta dengan pemikiran yang kreatif.

Selain itu, dalam memberikan pendidikan karakter, para pendidik juga harus mampu menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Sehingga, generasi bangsa mampu menciptakan kemandirian dalam segala bidang.

“Itu agar mereka menjadi manusia seutuhnya yang yang berlandaskan pada nilai-nilai ketuhanan yang maha esa,” kata dia.

Dikatakan Kang Hasan, kecakapan berkomunikasi dan kerjasama dalam pembelajaran juga menjadi sangat penting untuk penguatan pendidikan karakter. Sebab, saat ini pendidikan karakter di Indonesia sudah semakin buruk dan menjadi tantangan tersendiri bagi tenaga pendidik.

“Pendidik mempunyai tantangan besar dalam penguatan pendidikan karakter. Ini harus lebih ditingkatkan,” kata dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan