oleh

Cara Mengatasi Kecanduan Game

Perkuat Hubungan Anda dengan Allah SWT. Hal yang satu ini tidak dapat disepelekan karena dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWR, akan lebih percaya diri untuk dapat berubah. Berdoalah selalu dan perbanyak mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.

Pikirkan Selalu Dampak Buruknya. Dengan selalu memikirkan dampak buruknya, sedikit demi sedikit akan mulai menjauhi game tersebut, karena dengan cara ini akan tersugesti seandainya hal-hal buruk tersebut menimpa diri sendiri.

Berhentilah Bermain Game. Karena sudah berkomitmen untuk sembuh dari kecanduan ini, maka harus mau untuk berhenti memainkan permainan tersebut. Jangan mengurangi durasi bermain, tetapi berhentilah saat itu juga, karena bila hanya mengurangi durasinya, maka keinginan untuk memainkannya pasti akan muncul kembali, bahkan mungkin lebih besar, sehingga tidak dapat mengendalikannya. Pikirkanlah selalu bahwa lebih baik tidak memainkannya daripada terjerumus lagi. Namun suatu saat, ketika sudah dapat mengendalikan kecanduan, bila tiba-tiba ingin memainkannya, maka tidak perlu merasa khawatir karena pasti sudah bisa mengendalikan diri.

Terbuka pada Orang Terdekat. Ceritakanlah tentang kecanduan yang dialami kepada keluarga supaya keluarga dapat memberi dukungan atau jalan keluar. Jangan malu untuk berkata jujur kepada mereka. Dengan keterbukaan akan memberi kepercayaan diri untuk terlepas dari kecanduan game.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.