Cara Mengatasi Kecanduan Game

Menjauhkan Diri. Segera kemasi dan sembunyikan perangkat game  supaya tidak tergoda untuk memainkannya lagi. Usahakan di kamar tidak terpasang perangkat game, karena akan tergoda untuk memainkannya.

Melakukan Hal Positif saat Waktu Luang. Sebisa mungkin luangkan waktu untuk melakukan kegiatan lain selain bermain game. Perbanyak kegiatan positif yang bisa dilakukan seperti bersenda gurau dengan keluarga, olahraga, menulis, bermain musik, dan sebagainya. Buat diri sesibuk mungkin dengan hobi baru sehingga tidak memiliki kesempatan untuk memikirkan bermain game kembali.

Berbaurlah dengan Orang Lain. Berinteraksi dengan orang lain sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu, mulailah keluar rumah jangan mengurung diri di kamar, hubungi segera teman-teman untuk kumpul bersama membahas kegiatan yang positif.

Mencoba terapi. Cara mengatasi kecanduan game terakhir adalah dengan terapi, lebih tepatnya terapi kognitif behavioral. Terapi ini berfungsi untuk membantu orang memaknai apa yang mereka dapat dari kecanduannya terhadap hal tertentu, dan mendorong mereka untuk melakukan kebiasaan baru yang lebih positif. Seperti halnya pada kasus kecanduan game, orang yang kecanduan game akan dibantu terapis untuk menganalisis bahwa kecanduan game adalah bukan suatu hal yang penting dalam hidup dan mendorongnya untuk melakukan hal bermanfaat lainnya yang tentu saja lebih positif.

Itulah beberapa tip yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan game. Bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan, mungkin tidak semuanya perlu dilakukan, tergantung kepada seberapa tingkat kecanduan terhadap game. Bisa mulai dari satu tip yang paling mungkin dilaksanakan dan berkomitmen untuk menjalankannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan