oleh

Kredit Mesra dari Masjid untuk Kesejahteraan Umat

jabarekspres.com – KREDIT Mesjid Sejahtera (Mesra) resmi diluncurkan Pemerintah Kota Bandung, ditandai dengan penanda­tanganan perjanjian kerja sama antara PD. Bank Per­kreditan Rakyat (BPR) Kota Bandung dengan Koperasi Syariah Masjid di Masjid Uk­huwah Kota Bandung, Senin (21/8) lalu.

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial turut menyaksikan peristiwa bersejarah itu. Kredit Mesra berasal dari gagasan untuk menjadikan masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga pusat pertumbuhan eko­nomi masyarakat. Melalui masjid, pemerintah kota dan Majelis Ulama Indonesia Kota Bandung ingin mende­katkan lembaga finansial ke masyarakat.

“Ini bukan hibah bansos tapi adalah kredit untuk berusaha yang diharapkan meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar masjid,” ucap Ridwan usai pe­luncuran Kredit Mesra.

Tidak hanya memberikan pinjaman modal, pihak masjid juga akan memberikan pela­tihan dan pembinaan terhadap peminjam. MUI Kota Bandung akan bertugas sebagai peng­awas dan pembina koperasi di masjid-masjid. Saat ini, ada 27 koperasi berbasis masjid yang tersebar di seluruh wi­layah di 19 kecamatan.

Pengajuan kredit Mesra ini juga tergolong mudah. Warga hanya perlu menyerahkan foto kopi KTP, kartu keluarga, surat nikah (bagi yang sudah menikah), surat persetujuan pasangan (bagi yang sudah menikah), pas foto pemohon, foto usaha, dan rekomendasi dari koperasi syariah. Rekomen­dasi tersebut bertujuan agar penerima kredit ini dipastikan adalah jamaah masjid yang taat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.