PSG Sudah Berkoar Empat Besar

Pada fase grup 3 November lalu, PSG dipaksa takluk 0-1 di Santiago Bernabeu – homeground Real. ’’Jika kami terus bermain seperti malam ini (kemarin, Red), maka saya rasa kami bisa melangkah lebih jauh di kompetisi ini,’’ ujar Thiago, sebagaimana yang dilansir dari situs resmi klub.

Thiago yakin dengan kans itu setelah melihat ke belakang. Kemenangan ini jadi kemenangan pertama klub milik Nasser Al Khelaifi itu ketika bermain di London. Selain itu, kemenangan kali ini juga membalaskan dendamnya yang disingkirkan Chelsea lewat keunggulan satu gol tandang.

Whoscored mencatat, permainan PSG mampu mendominasi sampai 63 persen. Itu jadi dominasi terbesar PSG atas klub-klub lawannya dalam laga tandang sejak fase grup lalu. Selain itu, efektivitas serangan 50 persen juga jadi sinyal bagi klub-klub langganan lolos ke semifinal bahwa PSG masih bertaring.

Berbicara dalam situs resmi UEFA, David Luiz menyebut pengalaman PSG saat bertemu Chelsea menjadi kuncinya. Chelsea hanya bertumpu pada Costa dalam offense-nya. Makanya, begitu Costa cedera dan harus ditarik keluar maka PSG pun langsung bisa mengambil alih serangan.

Bukan hanya ketika berhadapan dengan klub juara bertahan Premier League itu. Luiz yang notebene mantan pemain Chelsea itu meminta mental sama harus ditunjukkan PSG begitu bertemu klub-klub besar lainnya. ’’Dan perlu ambisi yang besar untuk dapat memenangi setiap laga ke depan,’’ ucap pemain sekompatriot Thiago dari Brasil itu.

Mental bermain di kandang lawan yang membuat Blanc sumringah. Berkaca dari tiga kegagalan sebelumnya, laga di luar kandang yang selalu membuyarkan harapan PSG untuk sekali saja mencicipi semifinal. Atau bahkan membuka peluangnya melenggang ke final.

Blanc tidak menyangka bisa mematahkan kesulitan leg di kandang lawan tersebut. Kebobolan satu gol di Paris tidak dia pikirkan. ’’Namun, kami bermain dengan cara yang sama seperti leg pertama, dan itu menjadikan malam di London ternyata lebih enteng dari yang kami bayangkan,’’ ulasnya.

PSG yang lolos kali ini menurut Blanc bukan seperti PSG-PSG sebelumnya. Dari sisi usia, skuad PSG kali ini jauh lebih muda. Dari yang rerata usianya 27,4 tahun musim lalu, kini menjadi 26,8 tahun. ’’Dan tim ini terus menunjukkan progress yang semakin membaik,’’ lanjutnya.

Tinggalkan Balasan