Perluas Jangkauan Pembinaan UMKM

bandungekspres.co.id, BANDUNG – PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom) kembali menunjukan kepeduliannya mendorong pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dengan meluncurkan Kampung UKM Digital-Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Cianjur. Telkom bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk mendorong UMKM goes digital.

”UMKM memiliki tiga masalah utama, yaitu akses permodalan, akses pasar, dan akses kompetensi. Sinergi ini diproyeksikan untuk menjadi solusinya,” ujar Deputy Executive Vice President (EVP) Divisi Business Service Telkom Yoyok Setyono dalam siaran pers yang diterima Bandung Ekspres belum lama ini.

Program Kampung UKM Digital-PLUT dicanangkan melalui Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani pada 25 Mei lalu di Yogyakarta. Melalui sinergi tersebut, menurut Yoyok, Telkom bersama Kementerian Koperasi dan UKM berupaya mendorong UMKM untuk memanfaatkan teknologi informasi secara komprehensif dan integratif.

”UMKM didorong untuk mengadopsi pemanfaatan aspek digital dalam aktivitas keseharian guna mewujudkan UKM maju, mandiri, dan modern,” katanya.

Berdasarkan Survei Boston Consulting Group di 11 negara yang tergabung dalam G20, pemanfaatan internet oleh UMKM dapat meningkatkan revenue growth 22 persen lebih besar dibandingkan UMKM yang kurang atau tidak memanfaatkan internet. Hal itulah, menurut dia, yang mendorong pembentukan sinergi Kampung Digital UKM-PLUT untuk pembinaan UMKM.

Sejauh ini sudah ada tiga Kampung Digital UKM-PLUT yang diresmikan, yaitu di Banjarbaru Kalimantan Selatan, serta Sukabumi dan Cianjur. Di dalam Kampung UKM Digital-PLUT Cianjur tergabung tiga komunitas UKM, yaitu UKM Tanaman Hias, UKM Lampu Gentur, dan UKM Manisan Cianjur.

”Setelah Cianjur, di Jabar tahun ini akan diresmikan sinergi Kampung UKM Digital-PLUT di Subang dan Tasikmalaya,” tuturnya

Saat ini Kementerian Koperasi dan UKM sudah memiliki 49 lokasi PLUT di seluruh Indonesia. Sementara jumlah Kampung UKM Digital yang telah dibangun Telkom sudah mencapai 509 lokasi, yang 69 diantaranya berada di Jabar. Ditargetkan, pada akhir tahun ini akan terealisasi 1.000 Kampung UKM Digital di seluruh Indonesia.

Di dalam setiap implementasi Kampung UKM Digital, menurut Yoyok, Telkom menyediakan sarana akses internet broadband melalui wifi dan kabel, sebagai sarana utama bagi UKM untuk goes digital. Selain itu juga ada Broadband Learning Center (BLC), aplikasi dan konten pendukung produktivitas UKM, juga sarana marketplace serta toko online.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan