Penyelenggaraan Pilkada Harus Berkualitas

Ajak Masyarakat Berperan Aktif Sukseskan Pemilu

bandungekspres.co.id–Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Setda Kota Cimahi menggelar Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang Pilkada Serentak bagi Ormas/OKP/LSM di Kota Cimahi di gedung Local Education Centre (LEC) Kota Cimahi Jalan Permana Kota Cimahi, Rabu (10/2) lalu. Masyarakat diajak menjadi pemilih yang cerdas dalam pesta demokrasi Kota Cimahi pada tahun 2017 mendatang.

”Masyarakat harus cerdas tidak terpengaruh dengan aksi kecurangan apapun. ”Kia ingin Pilkada di Kota Cimahi yang berkualitas. Ini sebagai gambaran rakyat madani yang demokratis dan bertanggung jawab terhadap pembangunan Kota yang didukung oleh eleman masyarakat dengan aman dan damai sebagai gambaran rakyat yang sadar hukum,” ujar Wali Kota Cimahi Atty Suharti.

Atty mengklaim sudah melakukan sosialisasi pilkada hingga ke tingkat kelurahan dan SMA. Sosialisasi aktif dilakukan oleh seluruh SKPD.

Sosialisasi pilkada tersebut diselenggarakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menghadapi pilkada Serentak yang akan digelar pada 15 Februari 2017. ”Ini dilakukan supaya masyarakat berpartisipasi aktif di Pilkada nanti,” ucapnya.

Selain itu, penyelenggaraan Pilkada serempak dapat menunjukan sebagai kesamaan bentuk daerah, Kota dan Kabupaten dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia yang terhindar dari konflik kepentingan politik. ”Bagi Pemerintahan Kota Cimahi kita harus menerima adanya percepatan yang seharusnya dilaksanakan sebelum bulan Oktober, tapi diawalkan menjadi bulan Februari. Untuk itu, sosialisasi yang dlaksanakan Insya Allah cukup waktu untuk memberikan penjelasan merata kepada masyarakat.

Ketua KPU Kota Cimahi Handy Dananjaya mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah Pemkot Cimahi dalam upaya sosialisasi pilkada serentak masyarakat lebih dini. ”Pasalnya ini penting untuk mencegah terjadinya kemerosotan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya,” ujarnya. (bun/asp)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan