Hadapi Idul Fitri, PT KAI Siapkan 1.728 Kursi Tiap Hari

bandungekspres.co.id, ANDIR – Dalam rangka Idul Fitri, PT Kereta Api Indonesia memersiapkan 1.728 tiket setiap hari selama momen mudik, yakni 26 Juni–17 Juli 2016. Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional 2 Bandung Kuswardojo mengatakan, tiket kereta api tambahan sudah bisa diakses 30 April, kemarin.

’’Setiap harinya untuk kereta reguler 7.800 seat, untuk lebaran akan ditambah tiga gerbong dengan 1.728 seat,” katanya kepada Bandung Ekspres, kemarin.

Untuk kereta lokal Bandung Raya saat lebaran nanti, ada sekitar 48 perjalanan. Dalam menghadapi lebaran nanti, kereta lokal Bandung Raya bisa menampung 40 ribu tempat duduk. Pada hari-hari biasa kereta hanya terisi 25 ribu tempat duduk. ’’Bukan hanya itu, kami juga telah mensiapkan kereta api patas Padalarang–Cicalengka yang telah berlaku sejak 5 Mei,” tukasnya.

Kuswardojo menyebut, kereta patas ini hanya melakukan empat kali perjalanan, disesuaikan dengan waktu masyarakat bekerja. ’’Hanya diberangkatkan pada pagi hari saja,” singkatnya.

Apabila kereta api lokal tidak bisa menampung, pihaknya sudah menyediakan kereta api patas. Bukan hanya itu, selama masa angkutan lebaran 2016, PT KAI juga kembali bekerja sama dengan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dalam melayani angkutan sepeda motor pemudik gratis di lintas utara dan selatan.

Untuk memasilitasi penyelenggaraan angkutan motor gratis ini, PT KAI mengerahkan 35 kereta bagasi. Di mana 14 kereta bagasi untuk lintas utara, 14 kereta bagasi untuk lintas selatan 1, dan 7 kereta bagasi untuk lintas selatan 2. ’’Ditargetkan kapasitas angkut sebesar 15.834 motor, atau meningkat dari 2015 yang hanya berkapasitas angkut 9.900 motor,” jelasnya.

Disinggung libur panjang yang lalu, Kuswardojo mengungkap, okupansi mencapai 45 ribu. Di mana dalam satu hari, kelas eksekutif terisi 3.400 kursi, bisnis 1800-1900 kursi, dan ekonomi mencapai 3000 kursi. ‘’Sangat mengalami peningkatan untuk libur kemarin, keadaan stasiun juga cukup padat,” pungkasnya. (nit/vil)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan