Ada Sayur Nangka dan Telur Dadar, Pilih Nasi Pakai Kecap

Sebelas anak itu akhirnya berhasil dikumpulkan. Bau pesing dan apek langsung menguar. Siti mengernyitkan kening. Mengempiskan kedua lubang hidungnya. Dia lantas memandikan mereka satu per satu.

Di meja makan, telah tersedia makanan. Setelah menutup telepon Suharmanto, Siti memang langsung memasak. Lauknya tidak mewah. Hanya sayur nangka dan telur dadar.

Anak-anak duduk dalam barisan panjang. Siti mengambilkan nasi di piring. Menyerahkannya kepada mereka. Lalu, dia mempersilakan mereka untuk mengambil lauk yang disuka.

Seorang anak berteriak minta kecap. Siti mengambilkan dan menuangkannya di atas nasi. Tak dinyana, semua anak meminta hal yang sama. Siti melakukan untuk semuanya.

”Pakai lagi lah sini!” teriak anak lainnya.

Siti kaget. Tapi, dia ulurkan juga botol kecap itu. Juga, bukan hanya anak yang protes itu yang menambahkan kecap di atas nasi. Tetapi juga yang lain. Siti tambah heran.

Setelah itu, mereka langsung lahap menyantap makanan. Sayur dan lauk itu sama sekali tak tersentuh! ”Enak ya makan pakai kecap?” tanya Siti. Anak-anak itu mengangguk. ”Enak lah,” jawab seorang di antara mereka. ”Itu ada sayur. Kenapa nggak dimakan?” tanya Siti lagi.

Anak-anak itu hanya menggeleng. Hingga kemudian ada yang nyeletuk, ”Tapi, kami kalau di sana (di Rizki Khairunnisa, Red), makannya gini aja.”

Siti kaget. Segera saja dia membagikan telur dadar ke piring anak-anak itu. Setelah membagikan telur, ada anak yang bertanya kepadanya. ”Boleh pakai sayur?” tanyanya.

Adegan makan dengan kecap itu tidak hanya sekali. Siti mengatakan, setiap anak Rizki Khairunnisa baru mulai berani mengambil lauk dan sayur dua hari kemudian.

Siti dan pengasuh lain jadi bertanya-tanya. Apakah anak-anak itu tak pernah makan dengan lauk selama berada di panti itu? Juga, melihat betapa kurusnya anak-anak tersebut ketika datang, dia sangsi bahwa mereka makan tiga kali sehari.

Namun, bukan soal pola makan anak-anak itu yang membuat Siti dan pengasuh LKSA Permate pening. Pada Senin (2/11), Siti mendapati Ya dan Ab -sesama pindahan dari Rizki Khairunnisa- memeragakan tindak sodomi di balik meja pingpong asrama LKSA Permate pada pukul 09.00.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan