Pesawat Latih Jatuh dan Terbakar di Runway Hang Nadim

JAKARTA – Pesawat latih jenis Cessna 152 gagal mendarat dan mengalami crash di Bandara Hang Nadim, Batam, Selasa (10/2). Pesawat latih milik Wings Flying School dengan nomor registrasi PK-KVB itu gagal mendarat sekitar pukul 10.33 WIB.

Pesawat latih Cessna 152 Jatuh Bandara Hang Nadim
RUSAK: Pesawat Cessna PK 152 yang terbakar setelah terjatuh dan terpeleset di landasan pacu Bandara Hang Nadim, Batam sesaat setelah ditarik ke hanggar, Selasa (10/2).

’’Pesawat gagal mendarat dan crash sekitar pukul 10.33 WIB di Bandara Hang Nadim dan pesawat masih berada runway bandara tersebut,’’ ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub J.A. Barata dalam pesan singkatnya ke wartawan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Pilot pesawat dan satu siswa yang menunggangi pesawat itu dipastikan selamat.

Namun, sejumlah pesawat komersial harus dialihkan pendaratannya ke Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru hingga sampai pesawat berhasil dievakuasi. ’’Pesawat komersial yang hendak mendarat di Batam dialihkan sementara ke Bandara Sultan Syarif Kasim II,’’ jelas Barata.

Sementara dikutip dari Batam Pos (Group Bandung Ekspres), seorang pegawai di Bandara Hang Nadim menuturkan, pesawat tergelincir lalu terbakar. Akibatnya, aktivitas lantas pacu terganggu dan langsung ditutup.

’’Kejadiannya pas di runway, jadi sementara aktivitas penerbangan ditutup sementara sampai pukul 12.00 WIB untuk pembersihan lokasi,” ujar seorang sumber dari Bandara Hang Nadim.

Pesawat Cessna tersebut dikendarai dua kru yang berasal dari Australia. ’’Tidak ada korban jiwa. Dua kru pesawat selamat, dan sudah dilarikan ke rumah sakit untuk perawatan,” ujar sumber tadi.

Saat ini, pengelola bandara sedang melakukan proses pembersihan. Tiga mobil pemadam kebakaran langsung dikerahkan. Pesawat juga sudah ditarik ke area parkir dan diberi garis kuning.Akibat dari kejadian ini, tiga penerbangan gagal berangkat ke Pekanbaru. (chi/cha/hen)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan