Pemkot Ajak Warga Matikan Lampu selama Satu Jam

Hari Ini Peringatan Earth Hour

CIMAHI – Dalam rangka memperingati hari Earth Hour yang jatuh pada Sabtu (28/3) hari ini, Pemerintah Kota Cimahi berencana akan memadamkan seluruh listrik di kantor Pemkot kota Cimahi. Pemadaman listrik tersebut akan dilakukan secara simbolik dari mulai pukul 19:00 WIB sampai dengan pukul 20:00 WIB. Hal itu disampaikan langsung oleh kepala kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Cimahi Untung Undiyanto.

Dia mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada pihak Kecamatan dan Kelurahan untuk meneruskan kepada warga agar memadamkan listrik selama satu jam. ”Kalau tidak bisa memadamkan listrik secara total, minimal memadamkan alat elektronik lain yang tidak perlu,” ujarnya, kemarin (27/3).

Sementara itu, pihaknya mengaku kegiatan tahunan ini mendapat dukungan dari masyarakat dan sejumlah sekolah-sekolah yang ada di Kota Cimahi. Peringatan skala internasional ini dikatakan Untung, akan berjalan luar biasa. Soalnya, Pemkot sudah berkordinasi dengan PLN. ”Kami sudah berkoordinasi dengan PLN, untuk membantu kegiatan Eart Hour ini,” ujarnya.

Dengan persiapan dan sosialisasi yang dilakukan secara massive, pihaknya Optimis pelaksanaan Earth Hour tahun ini akan lebih baik dibanding tahun lalu. ”Tahun ini kita lebih siap, ditambah dengan instruksi khusus kepada setiap Kelurahan dan Kecamatan,” ujarnya.

Dia menambahkan, sosialisasi ini dilakukan dengan memasang spanduk berisi imbauan kepada warga untuk berpartisipasi dalam gerakan tersebut. Selain itu juga, setiap warga diberikan poster melalui pengurus RW masing-masing.”Di Cimahi ada 312 RW, kita harap pesan dari berbagai sosialisasi, tersampaikan kepada setiap warga,” terangnya.

Tahun 2015 ini merupakan tahun ketiga bagi kota Cimahi berpartisipasi dalam acara international Earth Hour bersama 7 kota lainnya di Jawa Barat. Dia berharap masyarakat mendukung gerakan tersebut sebagai bentuk kecintaan dan kepedulian terhadap bumi. ”Ini kan bentuk nyata dari aksi hemat energi, saya harap semua elemen masyarakat bisa ikut berpartisipasi,” katanya. (mg18/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan