Agum Titip Tiga Kunci Supaya Jawa Barat Meraih Prestasi

SUMUR BANDUNG – Ada tiga kunci kesuksesan untuk meraih prestasi dan kemajuan. Tiga kunci itu adalah nasionalisme, sumber daya manusia dan disiplin. Tanpa itu, Jawa Barat akan sulit meraih pretasi.

Hal itu diungkapkan oleh Mantan Ketua KONI Agum Gumelar dalam diskusi terbatas seminar sehari Kepedulian untuk Bandung dan Jawa Barat Menyongsong Peringatan HUT ke 60, PON XIX 2016, dan Asian Games 2018 di Manggala Tirta Hotel Jalan Lombok, Bandung, kemarin (10/2).

Agum menjelaskan, nasionalisme harus tumbuh di setiap anak bangsa di era globalisasi yang sangat penuh persaingan ini. Tanpa rasa bangga pada kebangsaan atau nasionalisme, kita tak akan mau bersaing dalam meraih prestasi apa pun.

Menurut dia, Jawa Barat harus punya kebanggaan sebagai warga Jabar dan harus punya kemauan untuk meraih prestasi dalam segala hal. Misalnya di event PON. Masyarakat harus punya kemauan untuk sukses atletnya berprestasi emas sehingga jadi nomor satu dan sukses juga dalam penyelenggaraan.

’’Jadi, Jawa Barat ditantang untuk membina mental dan skill atletnya. Sekaligus ditantang untuk menyediakan semua infrastruktur sehingga penyelengggaraan sukses,’’ katanya.

Kunci kedua tentu sumber daya manusia. Soal ini, kata Agum, sebetulnya banyak sekolah dan tempat pendidikan yang bagus untuk melahirkan sdm yang bagus. Hanya saja, dari segi manajerial di tingkat pemimpinnya perlu perhatian. Soal disiplin, Agum sangat prihatin. Karena soal inilah yang membuat bangsa ini sulit meraih prestasi.

’’Saya berharap pemikiran saya ini diresapi oleh kalangan generasi muda. Saya sendiri suda jadi masa lalu, tidak punya interest apa-apa selain satu, pemikiran saya sampai ke anak-anak muda dan diimplementasikan,’’ ujarnya.

(cep)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan