Kapolres Ajak Masyarakat Jaga Kondusivitas 

CIMAHI – Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara meminta semua pihak untuk tetap menjaga kondusivitas jelang sidang Perselisihan Hasil Pemilu Umum (PHPU) oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal itu disampaikan Rusdy dalam apel Konsolidasi Ops Ketupat 2019 dan Persiapan Pengamanan Sidang PHPU di Lapangan Apel Polres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Kamis (13/6).

”Sebaiknya masyarakat tetap menghargai perbedaan pilihan dalam Pemilu,” pintanya.

Dalam apel yang dihadiri Dandim 0609/Kabupaten Bandung, Letkol Arh Teguh Waluyo, dan perwakilan dari unsur Pemerintah Kota Cimahi serta Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) tersebut, Rusdy mengatakan, apel tersebut juga sebagai tanda berakhirnya Operasi Ketupat 2019.

Alhamdulillah berjalan dengan baik. Indikatornya adalah menurunnya angka laka lantas,” bebernya.

Selain itu, lanjutnya, apel bersama antara unsur kepolisian, TNI dan pemerintah ini juga merupakan bentuk kesiapan dalam mengamankan tahapan lanjutan Pemilu di wilayah hukum Polres Cimahi, yakni Kota Cimahi dan KBB.

”Ini menandakan kesiapan kita untuk mengamankan pasca Pemilu, sambil menunggu keputusan MK,” katanya.

Sejauh ini, kata Rusdy, belum terlihat pergerakan masa dari Cimahi dan KBB. Namun, pihaknya tetap intens melakukan komunikasi dengan semua pihak agar proses sidang berjalan kondusif.

”Masih negatif (Pergerakan masa) Tapi kami tetap berupaya pendekatan, jalin komunsikasi supaya sama-sama jaga keamanan,” ujarnya.

Sebagai upaya menjaga kondusivitas, lanjut dia, pihaknya juga kemungkinan bakal melakukan pencegatan masa yang bergerak melakukan aksi yang tidak diinginkan. Upaya pencegatan itu merupakan bagian dari tindakan preventif dan preemtif.

”Apapun bentuknya, upaya preventif dan preemtif tetap kita lakukan,” tegasnya.

Seperti diketahui, sidang pendahuluan sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 akan berlangsung Jumat 14 Juni 2019.(ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan